Pendalaman Makna Surat Al Ma'un

๐Ÿ‘† Kata ุงู„ْู…َุงุนُูˆู†َ (Al Ma'un) dalam terjemahan umumnya diartikan barang-barang yang berguna, maka selalu diartikan sebagai benda-benda berharga semisal uang, emas dan sejenisnya, padahal sesungguhnya makna sebenarnya adalah barang-barang berguna untuk keperluan rumah tangga. Seperti pisau dapur, panci, jarum dan sejenisnya.


ุฃَุฑَุฃَูŠْุชَ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠُูƒَุฐِّุจُ ุจِุงู„ุฏِّูŠู†ِ ﴿ูก﴾
1. Diawali ุฃَุฑَุฃَูŠْุชَ terdiri dari tiga kata, ุฃ apakah, َุฑَุฃَูŠْ melihat dan ْุชَ kamu. ุงู„َّุฐِูŠ yang, ูŠُูƒَุฐِّุจُ mendustakan, ุจِุงู„ุฏِّูŠู†ِ terdiri dari dua kata, ุจ dengan dan ุฏِّูŠู†ِ hari pembalasan. Ada juga yang mengartikan agama.

ูَุฐَٰู„ِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠَุฏُุนُّ ุงู„ْูŠَุชِูŠู…َ ﴿ูข﴾
2. Kata ูَุฐَٰู„ِูƒَ terdiri dua kata ู maka dan ุฐَٰู„ِูƒَ itu, ุงู„َّุฐِูŠ orang yang, ูŠَุฏُุนُّ arti sebenarnya mendorong dengan keras yang lebih dekat dengab meyakiti secara fisik, ุงู„ْูŠَุชِูŠู…َ anak yatim.

ูˆَู„َุง ูŠَุญُุถُّ ุนَู„َู‰ٰ ุทَุนَุงู…ِ ุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠู†ِ (ูฃ)
3. Kata ูˆَู„َุง dan tidak, ูŠَุญُุถُّ menganjurkan atau mengajak, ุนَู„َู‰ٰ atas, ุทَุนَุงู…ِ makanan artinya memberi makan, ุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠู†ِ orang miskin.

ูَูˆَูŠْู„ٌ ู„ِّู„ْู…ُุตَู„ِّูŠู†َ ﴿ูค﴾
4. Diawali ูَูˆَูŠْู„ٌ maka celakalah, ู„ِّู„ْู…ُุตَู„ِّูŠู†َ , terdiri dari dua kata, ู„ untuk dan ู„ْู…ُุตَู„ِّูŠู†َ orang yang sholat.

ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ ุนَู† ุตَู„َุงุชِู‡ِู…ْ ุณَุงู‡ُูˆู†َ ﴿ูฅ﴾
5. Orang yang ุงู„َّุฐِูŠู†َ, kemudian ู‡ُู…ْ mereka, ุนَู† dari, ุตَู„َุงุชِู‡ِู…ْ sholat mereka, ุณَุงู‡ُูˆู†َ orang-orang yang lalai atau tak peduli. Termasuk yang menunda-nunda sholat.

ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ ูŠُุฑَุงุกُูˆู†َ ﴿ูฆ﴾
6. Kata ุงู„َّุฐِูŠู†َ orang yang, ู‡ُู…ْ mereka,ูŠُุฑَุงุกُูˆู†َ orang-orang yang riya.

☡ Waspada, jangan sampai ada perbedaan mencolok bacaan saat sholat dengan bacaan pelan atau siir dengan saat bacaan kuat. Jika berbeda, bisa jadi merupakan pertanda adanya riya di hati kita.

ูˆَูŠَู…ْู†َุนُูˆู†َ ุงู„ْู…َุงุนُูˆู†َ ﴿ูง﴾
7. Diawali ูˆَูŠَู…ْู†َุนُูˆู†َ dan mereka menghalangi, ุงู„ْู…َุงุนُูˆู†َ alat-alat rumah tangga (untuk dimanfaatkan atau dipinjamkan orang lain).

Taklim Ust Maududi Abdullah, Lc di Masjid RJ, Selasa 22 Robiul Akhir 1439/ 9 Januari 2018
➖➖➖➖▪๐Ÿ”น▪➖➖➖➖

Silahkan share..
Semoga menjadi Amal jariah untuk anda.
Admin ERJE MEDIA

Tidak ada komentar: