IBX5A47BA52847EF Bagaimana Ahlus Sunnah memandang orang yang menyelisihi kebenaran ?

Bagaimana Ahlus Sunnah memandang orang yang menyelisihi kebenaran ?

Manhaj Salafus Sholeh mengajarkan kepada kita untuk melihat orang-orang yang menyelisihi kebenaran dari 2 kaca mata :

  • kacamata taqdir, dan
  • kacamata kebenaran.

Dilihat dari kacamata taqdir, artinya kita kasihan kepada orang tersebut, dia melenceng dari kebenaran. Ini membuat kita bersyukur kepada Allah atas nikmat hidayah yang Allah berikan kepada kita, bersyukur bahwa kita diselamatkan oleh Allah dari kesesatannya. Dari sini, kita juga dianjurkan mendoakan hidayah untuknya, agar ia diberikan hidayah kebenaran.

Dan kedua, dari kacamata kebenaran.

Kebenaran harus dijelaskan kepada ummat, agar yang haq menjadi jelas, dan yang bathil juga jelas. Dari sinilah membantah para mukholif adalah amal yang mulia, tentunya dibarengin dg ilmu yang rosikh dan kaedah-kaedah yg diperhatikan.

Ahlus Sunnah

Inilah prinsip yang saya timba dan selalu saya dengar dari para Masyaikh, diantaranya Syaikh Ibroohim Bin Aamir Ar-Ruhayli, Hafidzahullah.

Ini penting.

Sebab, tanpa yang pertama, seseorang akan pongah dengan hidayah dan kebenaran yang dia pegang. Dia lupa bahwa itu semua tidak lain tidak bukan adalah kasih sayang Allah semata, dan sangat mungkin bagi Allah untuk menyesatkannya juga, jika Ia berkehendak.

Dan tanpa yang kedua, seseorang akan terlalu 'baek' kepada para mukholif, meski kesesatannya parah dan jelas-jelas memengaruhi manusia. Dengan dalih ukhuwwah, dia juga kan ilmiah dalilnya, dia itu masyaAllah berani kepada kuffar, dia itu da'i pemersatu ummat, dan lain sebagainya.

Dan di zaman ini, tidak ada yang lebih baik bagi kita kecuali memperbanyak Istighfar kepada Allah, menimba ilmu yang shohih dari para Ulama yang rosikh, menjaga diri agar tidak sembrono menyikapi kasus-kasus kontemporer, dan juga harus merasa haus akan hidayah Allah dan selalu meminta agar Ia menyinari jalan kita dengan hidayah itu.

Allahummahdinaa jamii'an
Ihdinas Shiraathal mustaqiim..

(Ustadz Musa Attamimy)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->