IBX5A47BA52847EF Beberapa Pesan Rosuululloh ﷺ Tentang Iman Dan Kehidupan

Beberapa Pesan Rosuululloh ﷺ Tentang Iman Dan Kehidupan

Bismillaah.

🌸Ada tiga perkara, yang apabila ketiganya ada pada diri seseorang, maka ia akan mendapatkan rasa manisnya Imaan. Yaitu:

(1) apabila Allah dan RosulNya lebih ia cintai daripada yang selain keduanya,
(2) apabila ia menyintai seseorang, namun ia tidak menyintainya kecuali karena Allah. Dan
(3) apabila ia membenci untuk kembali ke dalam kekafiran sesudah Allah menyelamatkannya dari kekafiran itu, seperti halnya ia membenci jika ia dilemparkan ke dalam api (Neraka).
(HR. Anas bin Malik)

🌸Imaan terbagi dua, separuh dalam sabar, dan separuh dalam syukur. (HR. Al-Baihaqi)

🌸Imaan yang paling afdol adalah apabila kamu mengetahui bahwa Allah selalu menyertaimu di manapun kamu berada. (HR. Ath Thobari)

🌸Sufyan bin 'Abdulloh - rodhiyollohu 'anhu - berkata, ”Yaa Rosululloh, terangkanlah kepadaku tentang Islaam. Aku tidak akan bertanya lagi kepada orang lain.”

Beberapa Pesan Rosuululloh

Lalu Rosululloh - shollollohu 'alaihi wa sallaam - menjawab, “Ikrarkanlah (katakan): Aku beriman kepada Allah, kemudian berlakulah jujur (istiqomah).” (HR. Muslim)

🌸Peliharalah (perintah dan larangan) Allah, niscaya kamu akan selalu merasakan kehadiran-Nya. Kenalilah Allah di waktu kamu senang, niscaya Allah akan mengenalimu waktu kamu dalam kesulitan. Ketahuilah, apa yang luput dari kamu adalah sesuatu yang pasti tidak mengenaimu dan apa yang akan mengenaimu pasti tidak akan meleset dari kamu. Kemenangan (keberhasilan) hanya dapat dicapai dengan kesabaran. Kelonggaran bersamaan dengan kesusahan, dan datangnya kesulitan bersamaan dengan kemudahan. (HR. Tirmidzi)

🌸Tiada lurus Imaan seorang hamba sehingga lurus hatinya, dan tiada lurus hatinya sehingga lurus lidahnya. (HR. Ahmad)

🌸Barangsiapa melakukan amal perbuatan yang bukan atas perintah kami (Bid'ah), maka itu tertolak. (HR. Muslim)

🌸Sifat malu adalah dari Imaan dan keimanan itu di Surga, sedangkan perkataan busuk adalah kebengisan tabi’at dan kebengisan tabi’at di Neraka. (HR. Bukhori dan Tirmidzi)

🌸Umat terdahulu selamat (jaya) karena teguhnya keyakinan dan zuhud (hidup sederhana). Dan umat terakhir kelak akan binasa karena kekikiran (harta dan jiwa) dan cita-cita yang kosong (khayalan).” (Ibnu Abi Ad-Dunyaa)

🌸Ambillah kesempatan lima sebelum lima:
(1) mudamu sebelum tua,
(2) sehatmu sebelum sakit,
(3) kayamu sebelum melarat,
(4) hidupmu sebelum mati,
(5) dan senggangmu sebelum sibuk.
(HR. Al Hakim dan Al-Baihaqi)

🌸Pandanglah orang yang di bawah kamu dan janganlah memandang kepada yang di atasmu (dalam hal Duniawi), karena itu akan lebih layak bagimu untuk tidak menghina kenikmatan Allah untukmu. (HR. Muslim)

🌸Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang, dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan Agama ('ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan Dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberikan kelebihan. (HR. Tirmidzi)

🌸Surga dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disukai dan Neraka dikelilingi oleh syahwat. (HR. Bukhori)

🌸Di antara wahyu Allah kepada nabi Dawud 'alaihis salaam: “Tiada seorang hamba yang taat kepada-Ku melainkan Aku memberinya sebelum dia minta, dan mengabulkan permohonannya sebelum dia berdoa, dan mengampuni dosanya sebelum dia memohon pengampunan (istighfar).” (HR. Ad-Dailami)

🌸Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah hendaklah dia mengamati bagaimana kedudukan Allah dalam dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan hambaNya dalam kedudukan, sebagaimana dia menempatkan kedudukan Allah pada dirinya. (HR. Al Hakim)

🌸Pokok segala urusan adalah Al Islaam dan tiangnya adalah sholat, dan puncaknya (atapnya) adalah berjihaad (berupaya dengan bersungguh-sungguh). (HR. Tirmidzi)

Dan lain-lain. Demikian. Wallohua'lam. Walhamdillaah.

Dikumpulkan oleh Abu Taqi Mayestino
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->