IBX5A47BA52847EF Bolehkah wanita ikut olahraga berkuda, memanah, dan olah raga lainnya?

Bolehkah wanita ikut olahraga berkuda, memanah, dan olah raga lainnya?

Hukum asalnya muamalah adalah boleh, selama tidak ada dalil yang melarangnya. Maka, wanita ikut olah raga memanah, berkuda, bela diri, dll. asalnya boleh selama tidak ada pelanggaran syar'i serta memenuhi syarat-syarat yang disebutkan para ulama.

Dan diantara syaratnya adalah: tidak membuka aurat, tidak bercampur-baur dengan lelaki, tidak dilihat para lelaki yang bukan mahram.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan:

الرياضة تختلف فهي كلمة مجملة فالرياضة بين البنات بأشياء لا تخالف الشرع المطهر، بمشي كثير في محل خاص بهن، لا يخالطهن فيه الرجال، ولا يطلع عليهن الرجال، أو بسباحة عندهن في بيتهن أو في مدرستهن خاصة لا يراها الرجال ولا يتصل بها الرجال، لا يضر ذلك. أما رياضة يحصل بها الاختلاط بين الرجال والنساء، أو يراها الرجال أو تسبب شراً على المسلمين فلا تجوز
"Olah raga itu banyak macamnya, dan ia kalimat yang umum. Maka olah raga untuk anak-anak wanita dengan berbagai macam jenisnya, ini (asalnya) tidak melanggar syariat yang suci ini. 

Misalnya para wanita jalan kaki bersama-sama di tempat yang khusus bagi wanita, tidak bercampur-baur dengan lelaki, dan TIDAK ADA LELAKI YANG MELIHAT MEREKA, atau olah raga renang bagi wanita di rumah mereka atau sekolah renang khusus bagi wanita, yang tidak terlihat oleh lelaki dan tidak ada lelaki. 

Ini tidak mengapa. Adapun olah raga yang terdapat ikhtilat (campur-baur) antara lelaki dan wanita, atau LELAKI BISA MELIHAT MEREKA, atau menyebabkan keburukan bagi kaum Muslimin maka tidak boleh" 

(Sumber: https://www.binbaz.org.sa/noor/2202).

Bolehkah wanita ikut olahraga berkuda

Sengaja saya tekankan para poin "tidak terlihat oleh lelaki", karena akhir-akhir ini di kalangan sebagian ikhwan sering beredar gambar-gambar dan juga video para akhwat dengan berkuda, memanah dan beladiri.

Maka kami nasehatkan, bagi para akhwat yang berolahraga, jangan mau ditonton oleh para lelaki, jangan biarkan ada lelaki yang melihat, dan share video atau gambar olahraga antunna ke publik. Resikonya, antunna menjadi penyebab para ikhwan terfitnah.

Maka kami nasehatkan, bagi para ikhwan, jangan suka nontonin akhwat lagi olahraga, jangan suka simpan dan share gambar dan video akhwat sedang olahraga. Resikonya, antum terkena fitnah wanita.

Semoga Allah memberi taufiq.

@fawaid_kangaswad
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->