IBX5A47BA52847EF Fatwa MUI Sumbar Larangan Ikut Memeriahkan Perayaan Hari Valentine

Fatwa MUI Sumbar Larangan Ikut Memeriahkan Perayaan Hari Valentine

MAKLUMAT MUI SUMBAR
Nomor: 001/ MUI-SB/II/2018

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Assalamualaikum wa rahmatullahi wa bakatatuh.

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لا نبي بعده
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا ُأَغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ.
Bersama ini kami sampaikan kepada seluruh umat Islam, terutama di Sumatera Barat bahwa;
Perayaan hari valentine (valentine day) adalah tradisi yang berasal peristiwa sejarah dan keyakinan agama tertentu di luar Islam bahkan bahkan menjadi ritual ibadah di tengah-tengah mereka.
Perayaan hari valentine (valentine day) merupakan hari mengumbar nafsu syahwat yang berdampak kepada terjadinya pergaulan bebas, perzinaan dan kemaksiatan lainnya di tengah masyarakat khususnya di kalangan muda-mudi.

Memperhatikan berbagai fakta di atas maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Barat menyatakan bahwa: terlibat dalam kegiatan hari valentine dalam bentuk apapun apalagi sampai merayakannya, bagi umat Islam adalah haram karena ikut memasyarakatkan kemaksiatan, mensyiarkan kekufuran, melibatkan diri dalam ritual/ibadah agama lain dan menyerupai kaum kafir dalam hal yang terlarang untuk menyerupai mereka. Keseluruhan prilaku tersebut telah dilarang oleh Allah swt dan Rasul-Nya dalam al-Quran dan Sunnah.

Akhirnya kami menghimbau umat Islam, mari kita senantiasa berpegang teguh dengan ajaran agama kita (Islam) dan menjauhkan diri dari pengaruh ajaran agama lain agar selamat dunia dan akhirat. Amin.

Demikianlah Maklumat ini disampaikan, semoga dapat dipahami dan diamalkan.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Padang, 27 Jumadil Ula 1439 H / 13 Februari 2018 M

Komisi Fatwa MUI  Provinsi Sumatera Barat

dto.

Ketua : Dr. H. Zulkarnaini, M.Ag
dto

Sekretaris: Dr. Zainal Azwar, M.Ag
Mengetahui Majelis Ulama Provinsi Sumbar

dto.
Ketua Umum: Buya Gusrizal Gazahar, Lc, M.Ag

dto
Sekretaris Umum: Buya Zulfan, S.Hi, M.H

Silahkan Share Maklumatnya :

Fatwa MUI Sumbar
Fatwa MUI Sumbar

sumber: muisumbar.or.id
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->