IBX5A47BA52847EF Hadist Nabi : Jangan Engkau Marah

Hadist Nabi : Jangan Engkau Marah

🎙 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْصِنِي قَالَ لَا تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَارًا قَالَ لَا تَغْضَبْ
📜 Dari Abu Hurairah-semoga Allah meridhainya-, bahwa seseorang berkata kepada Nabi-shallallahu ‘alaihi wasallam-, ”Berwasiatlah kepadaku.” Beliau bersabda, “Jangan engkau marah !” orang itu terus mengulanginya (meminta nasehat berkali-kali) kepada beliau, lalu Nabi menjawab,”Jangan engkau marah!” (HR. al-Bukhari)

Jangan Engkau Marah

📜 Faedah dan Pelajaran :

👉 Di antara faedah dan pelajaran dalam hadis ini adalah :

1. Semangat para sahabat untuk memperoleh hal yang bermanfaat, hal ini berdasarkan perkataan sahabat tadi, “Berwasiatlah kepadaku.”.

2. Orang yang mengajak bicara hendaklah berbicara kepada lawan bicaranya dengan sesuatu yang sesuai dengannya. Ini adalah kaidah yang sangat penting. Mengapa Rasulullah tidak memberikan wasiat kepadanya agar bertakwa kepada Allah ? jawabnya, karena setiap manusia sebaiknya diajak berkomunikasi sesuai dengan keadaannya. Besar kemungkinan Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- tahu bahwa laki-laki tersebut suka marah, maka beliau pun memberinya wasiat seperti itu (yakni, agar ia tidak marah).

3. Larangan marah, bedasarkan sabda beliau, “Jangan engkau marah,” karena marah akan mengakibatkan munculnya keburukan yang banyak jika seseorang mengikuti keinginan untuk marah.

4. Islam melarang berakhlak buruk, berdasarkan sabda beliau,”jangan engkau marah.” Larangan berakhlak buruk berarti perintah untuk sebaliknya, yaitu perintah berakhlak baik. Biasakan diri Anda untuk bersabar dan tidak marah.

✒ (Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin, Syarah al-Arba’in an-Nawawiyah, (e.i, 278-281) 📚
--------🌴🌴🌴--------

📻 Al-Sofwa Channel www.alsofwa.com
🛍 WhatsApp@DakwahAlSofwa  +62 81 3336333 82
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->