3 Resep Menepis Hasad dari Hati

Hasad alias dengki, tidak senang dengan apa yang Allah berikan kepada orang lain dan mengharapkan hal tersebut lenyap darinya, merupakan penyakit hati yang berbahaya, maka dari itu Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- melarang kita, dalam sabdanya,

وَلَا تَحَاسَدُوا
Dan janganlah  kalian saling mendengki satu sama lain (HR. al-Bukhari dan lainnya).


3 Resep Menepis Hasad dari Hati

Untuk menepis adanya serangan “hasad” ke dalam hati, Nabi memberikan resepnya, tiga di antaranya yaitu apa yang beliau sabdakan, berikut ini :

ثَلاثٌ لاَ يَغُلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ امْرِئٍ مُؤْمِنٍ : إِخْلاصُ الْعَمَلِ لِلَّهِ ، وَالنَّصِيحَةُ لِوُلاةِ الأَمْرِ ، وَلُزُومُ الْجَمَاعَةِ ، فَإِنَّ دَعْوَتَهُمْ تَكُونُ مِنْ وَرَائِهِ.
Tiga perkara yang (karenanya) hati seorang Mukmin tidak akan dengki ; (1) mengikhlaskan amal kerena Allah, (2) memberi nasehat kepada para pemimpin kaum Muslimin dan (3) berpegang kepada jama’ah mereka, karena sesungguhnya doa mereka mengelilingi mereka dari belakang mereka (HR. al-Bazzar)

______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: