Buku : Kisah-Kisah Shahih Dalam Sunnah Nabi

Penulis : Dr. Thal'at Muhammad 'Afifi Salim
Penerbit : Griya Ilmu
Ukuran : 16,5 x 24,5 cm
Tebal : 306 Halaman
Jenis : Hard Cover

Kebanyakan manusia tidak mengetahui kisah-kisah dalam sunnah dan pada waktu yang bersamaan mereka mengetahui pentingnya kisah sebagai salah satu metode qur'ani yang menempati ruang terbesar dalam kitab Allah Ta'ala. Oleh karena itu,mereka menaruh perhatian serius terhadap kisah-kisah dalam Al-Qur'an dan cenderung mengabaikan kisah-kisah dalam As-Sunnah.

Buku Kisah-Kisah Shahih Dalam Sunnah Nabi
Fenomena ini tampak jelas dalam kitab-kitab dan tulisan-tulisan para ulama maupun pakar dibidangnya. Kemudian pada saat kita melihat perpustakaan-perpustakaan islam penuh dengan tulisan mengenai kisah dalam Al-Qur'an, pada saat itu pula kita mendapati sedikit yang menulis secara khusus tentang kisah-kisah dalam As-Sunnah ,itupun tidak mencakup semua aspeknya.

Buku ini dimulai dengan definisi Qishshah (kisah) secara etimologi dan terminologi, dimana kata qishshah disebutkan pada Al-Qur'an pada banyak tempat dengan makna yang berbeda-beda, diantaranya pada :

-QS.Al-Qashash : 11
-QS.Al-Kahfi : 64
-QS.Al-Naml : 76
-QS.Al-Mu'min : 78

Pembahasan berikutnya mengenai definisi As-Sunnah secara etimologi yaitu jalan dan cara, sedangkan secara terminologi memiliki definisi yang berbeda sesuai dengan tujuan dari setiap disiplin ilmu.

Bab-bab selanjutnya meliputi :
  • - Pengaruh kisah dalam dakwah dijalan Allah.
  • -Kisah qur'ani dan pengaruhnya terhadap sikap Rasulullah صلى الله عليه و سلم sehingga menggunakan metode kisah dalam berdakwah.
  • -Karakteristik kisah-kisah dalam As-Sunnah.
  • -Tema kisah nabawiyah dan karakteristiknya.

Ada beberapa pasal yang digunakan dalam penyampaian kisah nabawiyah,yaitu:

Pasal pertama : kisah nabawiyah dengan tema tertentu, seperti tema taubat, tema akhlaq mulia dan tema menolak kemungkaran.

Pasal kedua mengenai kisah para penghuni gua dan kisah bayi-bayi ajaib.

Pasal ketiga merupakan kisah pilihan dalam As-Sunnah tentang para Nabi.

Penulis buku ini berharap kisah-kisah pilihan dari hadist-hadist Nabi صلى الله عليه وسلم dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi baik secara individu maupun masyarakat serta berupaya pula untuk menisbatkan setiap kisah pilihan ini kepada kitab-kitab hadist.
=====

semoga bermanfaat

yang minat beli buku islam, silahkan japri admin

Tidak ada komentar: