IBX5A47BA52847EF Tafsir Ibnu Katsir tentang Kemuliaan AL-QUR'AN

Tafsir Ibnu Katsir tentang Kemuliaan AL-QUR'AN

عنابن عباس : أنزلت سورة الأنعام بمكة سبب نزولها . وقال الطبراني : حدثنا علي بن عبد العزيز ، حدثنا حجاج بن منهال ، حدثنا حماد بن سلمة، عن علي بن زيد ، عن يوسف بن مهران ، عن ابن عباس ، قال : نزلت سورة الأنعام بمكة ليلا جملة ، حولها سبعون ألف ملك يجأرون حولها بالتسبيح 
"Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas: surat al-An`aam diturunkan di Makkah. Ath-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu Abbas: seluruh surat al-An`aam diturunkan di Makkah pada malam hari. Pada saat diturunkan, ia dkelilingi oleh 70.000 malaikat sambil membaca tasbih. Al Hakim meriwayatkan dalam Mustadrak-nya dari Jabir, "Tatkala surat al-An`aam turun, RasuluLLAH ShalALLAHu `alayhi wa Sallam bertasbih lalu bersabda, "Surat ini diantarkan oleh malaikat yang memenuhi cakrawala." (HR. al-Hakim, shohih)

Tafsir Ibnu Katsir tentang Kemuliaan AL-QUR'AN

Kemudian al-Hakim mengatakan bahwa hadits ini sahih menurut kriteria periwayatan Muslim. Ibnu Mardawih meriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa RasuluLLAH ShalALLAHu alayhi wa Sallam bersabda, "Surat al-Anaam diturunkan dengan diikuti rombongan malaikat yang memenuhi jarak antara timur dan barat. Mereka bergemuruh membaca tasbih dan bumi pun berguncang karena mereka." RasuluLLAH bersabda, "Mahasuci ALLAH Yang Maha Agung, Mahasuci ALLAH Yang Maha Agung."
---------------------------------

seandainya seluruh manusia tahu bahwa tiap ayat-ayat Al Qur`an itu ketika diturunkan penuh dengan kehormatan dan penghormatan, akan berhentilah segala perlakuan dan ucapan buruk mereka kepada kitab ini.

terjemahan buku Tafsir ibnu katsir

semoga bermanfaaat
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->