IBX5A47BA52847EF Tahukah Anda, Kenapa Sholat Begitu penting ?

Tahukah Anda, Kenapa Sholat Begitu penting ?

 Shalat adalah rukun Islam yang kedua sekaligus seutama-utama amal setelah persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba Dan utusan Allah.

Menjaga shalat adalah merupakan tanda baiknya keislaman seseorang. Sebaliknya, perbuatan menyia-nyiakan shalat merupakan tanda buruknya keislaman seseorang dan lemahnya dia dalam menjalankan kewajibannya terhadap Rabbnya.

Maka alangkah sangat menyedihkannya ketika banyak dari kaum muslimin di zaman ini meremehkan shalat lima waktu. Di antara mereka ada yang asal shalat tanpa memperhatikan rukun dan syarat sahnya, di antara mereka pula ada yang menunda-nunda shalat hingga keluar dari waktunya, bahkan yang lebih parah lagi dengan tenangnya di antara mereka ada yang senantiasa meninggalkan shalat tanpa udzur sedikitpun.

Tahukah Anda, Kenapa Sholat Begitu penting

Tidak takutkah mereka akan ancaman yang begitu besar menanti orang-orang yang meninggalkan shalatnya??!. Semoga melalui tulisan yang singkat ini dapat menjadi pengingat kaum muslimin akan pentingnya shalat dan bahaya menyia-nyiakannya.

Kedudukan Shalat Lima Waktu Dalam Islam

 Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting di dalam Islam. Sampai-sampai, khusus untuk perintah shalat, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam diangkat ke langit oleh Allah ta’ala pada peristiwa isra’ mi’raj.

 Hal ini menunjukkan kedudukan shalat yang sangat agung di dalam Islam, sehingga kita sebagai seorang muslim harus selalu menjaganya dan memperhatikannya dengan sungguh-sungguh.

Shalat merupakan rukun Islam

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
“Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)
Imam Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah berkata tentang hadits ini, “Makna dari hadits ini adalah bahwa Islam dibangun di atas lima perkara ini, yang kelimanya itu seperti tiang-tiang bagi bangunannya.” (Jami’ul Ulum wal Hikam, hal. 145)

Hadits di atas menunjukkan tentang rukun-rukun Islam, yang mana shalat adalah rukun Islam yang kedua setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Shalat adalah perkara terpenting dalam agama ini setelah kalimat syahadat.

✏ Abu Ibrohim Ari bin Salimin
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->