Buruknya Akhir Hayat pelaku Bidah nan zholim di masa Imam Ahmad bin Hambal

1. Ahmad bin Abi Duad

✖ Musuh pertama Ahlus Sunnah di jaman mihnah (ujian pernyataan kufur al-Qur'an makhluk-pent). Dialah yang menguji manusia dengan pernyataan al-Qur'an makhluk. Dan al-Imam Ahmad juga disiksa karena sebab dia.

Ketika Allah mengangkat mihnah (ujian) tersebut melalui Khalifah Mutawakkil, Mutawakkil merampas harta bendanya, lalu dia menjadi fakir. Allah menghinakannya setelah sebelumnya dia mulia dan bergelimang dosa.

kitab Siyar A'lamin Nubala'

Dia menua dan ditimpa penyakit lumpuh separuh. Abdul Aziz al-Kinani (dinisbahkan padanya Kitab al- Haidah) mengunjunginya di saat sakitnya. Lalu dia berkata padanya:
"Aku datang padamu bukan untuk menjengukmu, akan tetapi dalam rangka memuji Allah karena engkau terpenjara dalam kulitmu.¹"

Dia dan anaknya, Muhammad, mati setelah ditimpa malapetaka. Putranya lebih dahulu, kemudian sang ayah di bulan Muharram tahun 240 dan dimakamkan di negerinya, Baghdad.

2. Ibnuz Zayyat Abu Ja'far Muhammad bin Abdul Malik bin Aban

Dia berpendapat bahwa al-Qur'an adalah makhluk. Dia termasuk orang yang memusuhi al-Imam Ahmad rahimahullah. Ketika Allah mengangkat mihnah (ujian) tersebut melalui Khalifah Mutawakkil, Mutawakkil merampas hartanya dan menyiksanya.

Dahulu di masa jayanya, Ibnuz Zayyat pernah berkata:" Aku tidak pernah merasa kasihan pada seorang pun. Sifat belas kasih menandakan kelemahan tabiat seseorang."

Lalu dia dipenjara di penjara yang sempit. Di sekelilingnya terdapat paku-paku seperti jarum besar. Lalu dia pun menangis sembari berteriak:"Kasihanilah aku" Maka mereka (para penjaga) berkata:"Sifat belas kasih menandakan kelemahan tabiat seseorang."

Siyar A'lamin Nubala'
Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
Abu Abdillah Rahmat
Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman Abu Utsman hafizhahullah

Catatan:

1. Artinya, tidak perlu dipenjara dalam suatu ruangan khusus, ia sudah terpenjara karena tidak bisa ke mana-mana akibat sakit. Justru penjaranya ada dalam kulitnya. (Ustad Kharisman)

Arabic

صورٌ مِن نهاياتِ الظالمين أهلِ البدعِ في زمانِ الإمامِ أحمدَ بنِ حنبل

1- أحمد بن أبي دؤاد

عدوّ أهل السنة الأول في زمان المحنة، كان يمتحن الناس بخلق القرآن، وعُذِّب الإمام أحمد بسببه.
لما رَفع اللهُ المحنة بالمتوكل، صَادَرَ المُتَوَكِّلُ أمواله، وَافتَقَرَ، فأذلَّهُ اللهُ بعد عزّةٍ وإثْمٍ.

شَاخَ وَرُمِيَ بِالفَالِجِ (الشلل النصفي) ، وَعَادَهُ عَبْدُ العَزِيْزِ الكِنَانِيُّ ( *المنسوب له كتاب الحيدة*) في مرضه، وَقَالَ: لَمْ آتِكَ عَائِداً، بَلْ لأَحْمَدَ اللهَ عَلَى أَنْ سَجَنَكَ فِي جِلْدِكَ.

مَاتَ هُوَ وَوَلَدُهُ مُحَمَّدٌ مَنْكُوْبَيْنِ، الوَلَدُ أَوَّلاً، ثُمَّ مَاتَ الأَبُ فِي المُحَرَّمِ، سَنَةَ أَرْبَعِيْنَ وَمائَتَيْنِ، وَدُفِنَ بِدَارِهِ بِبَغْدَادَ.

2- ابْنُ الزَّيَّاتِ أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بنُ عَبْدِ المَلِكِ بنِ أَبَانٍ

كان يقول بخلق القرآن، وكان من خصوم الإمام أحمد رحمه الله تعالى.
فلما رفع الله المحنة بالمتوكل، صَادَرَ المتوكلُ أمواله، وَعَذَّبَهُ.

كَانَ ابنُ الزيات في زمان عزّته يَقُوْلُ: مَا رَحِمتُ أَحَداً قَطُّ؛ الرَّحْمَةُ خَوَرٌ فِي الطَّبعِ.
فَسُجِنَ فِي قَفَصٍ حَرِجٍ، جِهَاتُه بِمَسَامِيْرَ كَالمَسَالِّ، فَكَانَ يَصِيحُ: ارْحَمُونِي.
فَيَقُوْلُوْنَ: الرَّحْمَةُ خَوَرٌ فِي الطَّبِيعَةِ.

السير للذهبي

Tidak ada komentar: