IBX5A47BA52847EF JUJURLAH MAKA ANDA AKAN SELAMAT

JUJURLAH MAKA ANDA AKAN SELAMAT

Banyak orang menganggap bahwa dengan dusta dia akan mencapai tujuan dan ambisinya, sebaliknya jujur akan menjadi penghalang baginya untuk meraih apa yang dicita-citakan, bahkan moto hidup mereka adalah” jujur terbujur”, maksudnya siapa yang jujur pasti akan tersingkir.

Dalam realita kehidupan, terkadang ungkapan di atas seolah terbukti, siapa yang jujur pasti disingkirkan , yang pintar melakukan tipu muslihat, karirnya terangkat dan terhormat. Apalagi seperti zaman kita ini, sangatlah sesuai dengan apa yang telah disabdakan Nabi-shallalah a’laihi wa sallam:

سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّة (رواه ابن ماجة وأحمد )
“Akan datang pada manusia tahun-tahun yang penuh dengan tipuan, para pendusta dianggap orang jujur sementara orang yang jujur dituduh pendusta, zaman ketika diberikan amanah kepada orang yang berkhianat, sementara orang yang amanah akan diaggap berkhianat, zaman tatkala yang patut berbicara adalah para ruwaibidah, maka ditanyakan kepada Nabi: apa itu ruwaibidhah?beliau menjawab: orang bodoh yang berbicara tentang urusan orang banyak”. HR. Ibnu Majah dan Ahmad.

JUJURLAH MAKA ANDA AKAN SELAMAT

Benarkah semboyan” Jujur Terbujur” di atas??. Jawabannya adalah “Tidak”. Walaupun tampaknya dusta itu dapat menyelamatkan seseorang, tetapi sifatnya sementara…lambat laun kedustaannya akan terbongkar, boroknya akan tersingkap, seiring dengan itu pujian yang dia peroleh akan berubah menjadi celaan dan hinaan.

“Sepandai-pandai tupai melompat suatu saat akan terjatuh jua”, itulah ungkapan pribahasa kita yang menunjukkan sehebat apa kejelekan disembunyikan, lambat laun akan diketahui juga. seandainya dustanya berhasil dia sembunyikan di dunia , kelak di hari kiamat akan permaklumkan kepada orang banyak segala kebusukannya, pada hari segala yang disembunyikan manusia akan terungkap, Allah berfirman:

يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ [الطارق : 9]
“Pada hari disingkap segala yang di rahasiakan”. QS. At-Thariq: 9

Berkata Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas: “yaitu akan ditampakkan segala yang tersembunyi di dalam dada manusia. Dalam hadis yang terdapat di sahih Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda:

“يُنْصَب لكل غادر لواء عند اسُتِه يوم القيامة، فيقال: هذه غَدْرة فلان ابن فلان”
“ akan dipancangkan kelak pada hari kiamat bendera dibokong para pendusta dan akan diserukan: inilah penghianatan si pendusta fulan bin fulan”.

Lihatlah betapa lihainya kaum munafiq di masa Rasulullah berdusta untuk menyelamatkan diri dan mencapai tujuan-tujuan mereka….toh akhirnya borok mereka tersingkap dan celaan terhadap mereka diungkapkan dalam bentuk Alquran yang dibaca sepanjang zaman. Karena itulah diantara syarat sahnya ucapan syahadat seorang adalah”jujur” dan sebaliknya pembatalnya adalah”dusta”.

Allah telah menempatkan kaum munafiq di kerak neraka yang paling bawah atas balasan kedustaan mereka dalam firmannya:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا )النساء: 145)
“Sesungguhnya orang-orang munafiq di kerak neraka terendah dan kamu tidak akan pernah mendapatkan bagi mereka seorang penolongpun. QS. An-Nisa: 145.

Bergabunglah bersama orang-orang yang jujur

Diantara bentuk rahmat Allah, bahwa Allah tidak menuntut kita agar termasuk kedalam golongan orang-orang yang jujur, karena beratnya kejujuran, tapi Allah-subhahanahu wata ‘ala- hanya menuntut kita untuk ikut menyertai orang –orang yang jujur,sebagaimana firmannya:

يَـۤأَيُّهَا ٱلَّذِينَ آمَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَ كُونُواْ مَعَ ٱلصَّادِقِينَ .
“wahai orang-orang beriman takutlah kepada Allah dan jadilah kalian senantiasa bersama orang-orang yang jujur”. QS. At-Taubah :119.

Maksudnya…tatkala anda senantiasa berteman dengan orang-orang yang jujur, niscaya anda akan terpengaruh mengikuti jejak dan karakter mereka, sebaliknya berteman dengan para pendusta menggiring anda akan menjadi pendusta seperti mereka.

source: abufairuz.com
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki