IBX5A47BA52847EF Penyesalan Orang-orang Kafir dan Keberuntungan Kaum Muslimin

Penyesalan Orang-orang Kafir dan Keberuntungan Kaum Muslimin

Segala puji hanyalah milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba'du!

Saudaraku seislam yang saya cintai, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari salah satu hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama berikut :

عن أبي موسى - رضي الله عنه - قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - :
Dari Abu Musa radhiyallahu 'anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama bersabda :

" إذا اجتمع أهل النار في النار ، ومعهم من شاء الله من أهل القبلة ، يقول الكفار : ألم تكونوا مسلمين ؟ قالوا : بلى .
Ketika ahli neraka berkumpul di dalam Neraka sementara bersama mereka ada dari kalangan ahli kiblat yang dikehendaki Allah untuk berada di dalamnya, orang-orang kafir bertanya : 'Bukankah kalian adalah orang-orang Islam?'. Mereka menjawab : 'Benar, kami adalah orang-orang Islam.'

Keberuntungan Kaum Muslimin

قالوا : فما أغنى عنكم اسلامكم ! فقد صرتم معنا في النار ؟
Orang-orang kafir berkata : 'Apakah keislaman kalian tidak berguna bagi kalian hingga kalian bersama kami di dalam Neraka?'

قالوا : كانت لنا ذنوب فأخذنا بها
Orang-orang Islam yang di Neraka berkata : 'Kami memiliki berbagai dosa maka kami pun di siksa karenanya.'

فيسمع الله ما قالوا ، فأمر بمن كان من أهل القبلة فأخرجوا
Mendengar apa yang mereka katakan, maka Allah memerintahkan ahli kiblat (orang-orang Islam) untuk dikeluarkan dari Neraka lalu mereka pun dikeluarkan darinya.

فلما رأى ذلك أهل النار قالوا : يا ليتنا كنا مسلمين فنخرج كما خرجوا "
Melihat hal tersebut, ahli neraka dari kalangan orang-orang kafir mengatakan : 'Duhai sekiranya kami dahulu termasuk kaum muslimin niscaya kami keluar dari Neraka sebagaimana mereka keluar darinya.

قال : و قرأ رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : ( الر تلك آيات الكتاب وقرآن مبين ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين )
Abu Musa berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama membaca firman Allah Ta'aala : 'Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab (yang sempurna), yaitu (ayat-ayat) Al Quran yang memberi penjelasan. Orang-orang yang kafir itu seringkali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim. [QS. Al Hijr : 1-2]
[HR. Ibnu Abi Ashim & lainnya dinyatakan Shahih oleh Syaikh Al Albani dalam zhilalul Jannah no. 843]

Saudaraku seislam yang saya muliakan, sungguh dalam hadits yang mulia ini terkandung banyak pelajaran dan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Di antaranya adalah :

1] Hadits ini menunjukkan ke Maha Kuasaan Allah Ta'aala atas segala sesuatu. Dia memberi rahmat dan ampunan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya sebagai Keadilan dari-Nya. Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya, kitalah yang akan ditanyai oleh-Nya.

2] Hadits yang mulia ini merupakan salah satu kabar gembira bagi seluruh kaum muslimin bahwa Islam adalah agama yang benar dan diridhai Allah Ta'aala, dan pemeluknya tidak akan pernah kecewa dan merugi meski ia harus disiksa dan dibersihkan dosa-dosanya di Neraka.

3] Hadits yang mulia ini merupakan salah satu dalil yang membantah pemahaman kaum khawarij dan yang semisal/sefaham dengan mereka yang menetapkan bahwa orang muslim yang masuk Neraka karena dosa-dosanya maka ia akan kekal di dalamnya.

4] Hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa semua agama selain Islam adalah agama yang tidak benar, tidak bermanfaat dan akan merugikan dan menghinakan pemeluknya.

5] Hadits yang mulia ini menunjukkan orang-orang yang tidak beragama Islam dinamakan Orang Kafir.

6] Hadits yang mulia ini menunjukkan penyesalan orang-orang kafir, kehinaan mereka dan Neraka sebagai tempat tinggal mereka yang abadi.

ْDemikian dapat disampaikan. Semoga bermanfaat

Wa shallallahu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad

Kumpulan Hadits-hadits Pilihan Ibnu Mukhtar
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki