IBX5A47BA52847EF Terlarangkah memakai Jam di Tangan Kiri ?

Terlarangkah memakai Jam di Tangan Kiri ?

Syaikh Utsaimin Rahimahullah mengatakan, "Ketahuilah bahwa ketika muncul jam tangan banyak orang yang memakainya di tangan kiri dengan pertimbangan gerak tangan kanan tidak terganggu dengan adanya jam tangan. Jika ada jam tangan di tangan kanan maka orang akan kerepotan untuk beraktivitas. Aktivitas tangan kanan itu lebih banyak daripada tangan kiri.

Kebutuhan orang untuk menggunakan tangan kanan itu lebih banyak sehingga mereka meletakkan jam tangan di tangan kiri karena itulah yang lebih nyaman. Di samping itu, biasanya orang itu beraktivitas dengan tangan kanan sehingga tidak menutup kemungkinan jam tangan bisa rusak dikarenakan benturan jika diletakkan di tangan kanan. Karena beberapa pertimbangan tersebut, banyak orang memilih untuk meletakkan jam tangan di tangan kiri.


Ada orang yang berprasangka bahwa yang lebih baik adalah meletakkan jam tangan di tangan kanan dengan alasan mengutamakan tangan kanan daripada tangan kiri. Namun, prasangka ini tidak dibangun di atas landasan yang benar karena terdapat hadits shohih dari Nabi صلى الله عليه وسلم bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم memakai cincin di tangan kanan dan terkadang di tangan kiri.

Boleh jadi kita katakan bahwa memakai cincin di tangan kiri itu yang lebih baik supaya lebih mudah melepasnya—jika diperlukan—dengan menggunakan tangan kanan. Jam tangan itu lebih tepat jika disamakan dengan cincin. Sebab itu, menggunakan jam tangan di tangan kanan itu tidaklah lebih baik dari pada menggunakan jam tangan di tangan kiri dan sebaliknya. Jadi, ada kelonggaran dalam masalah memakai jam tangan. Jika Anda mau bisa Anda letakkan di tangan kanan, bisa juga Anda letakkan di tangan kiri. Semuanya hukumnya adalah tidak mengapa."

(Syarh Riyadhush Sholihin jilid 4 hlm. 176-177, terbitan Madarul Wathon, Riyadh, cet. 1426 H)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki