Biarkan saja apa yang tidak bisa diubah

Biarkan saja apa yang tidak bisa diubah atau sulit diubah, karena berusaha untuk sesuatu yang sulit terwujud tidak beda dengan menggarami lautan atau mengajari ikan berenang atau menyalakan lampu di terik matahari atau melempar batu ke gunung atau menanam di tanah bergaram. Hanya lelah yang didapat tanpa ada buah yang dipetik.

Biarkan saja apa yang ada pada pasanganmu, suami atau istrimu, yang memang sulit untuk diubah, karena ia sudah dari sononya, selama ia tidak menciderai agama atau mencoreng kehormatan.

Biarkan saja apa yang tidak bisa diubah

Misalnya suami Anda cenderung pemarah, biarkan saja dengan sifatnya, tak usah berusaha membuang sifat tersebut atau memaksanya meninggalkannya, karena itu sama saja dengan mencongkel sebuah watak yang barang kali sudah mengakar, bila ini dipaksakan, bisa-bisa malah lahir problem baru. Cukup bagi Anda adalah mengalihkan dan meminimalkan. Mengalihkan amarahnya dengan tidak melakukan apa yang membuatnya marah atau mengalihkannya ke sesuatu yang memang layak dimarahi. Atau mengurangi ketajaman amarahnya dengan tindakan dari Anda,

Misalnya saat dia marah, Anda dekati, Anda memeluknya, mendekapnya atau menghadirkan sesuatu yang dia sukai.

Perubahan watak dan tabiat sangat mungkin saat masih anak-anak dan remaja, kalau sudah tua, duh betapa sulitnya.

Perhatikanlah ranting pohon dan batangnya. Mana yang bisa Anda belokkan?

Al-Sofwa Channel | www.alsofwa.com
WhatsApp@DakwahAlSofwa 📱+62 81 3336333 82

Tidak ada komentar: