IBX5A47BA52847EF KEUTAMAAN SYAHADAT

KEUTAMAAN SYAHADAT

Dari Ubadah bin Shamit radhiallahu'anhu, bahwa Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

قَالَ: أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، وَأَنَّ عِيسَىٰ عَبْدُ اللّهِ وَابْنُ أَمَتِهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ، وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ، وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ، أَدْخَلَهُ الله مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَ
"Barangsiapa yang bersyahadat bahwa tiada sesembahan yang Haq kecuali Allah, dan Muhammad adalah hamba Allah serta Rasul-Nya, dan Isa adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, serta kalimat Allah yang diberikan kepada Maryam, serta ruh dari Allah, dan meyakini bahwa surga itu ada, neraka itu ada, maka Allah akan memasukkan ia ke dalam surga melalui delapan pintu mana saja yang ia inginkan"

Dalam riwayat lain:

أَدْخَلَهُ الله الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنْ عَمَلٍ
"maka Allah akan memasukkan ia ke dalam surga sesuai dengan amalannya" (HR. Bukhari no. 3435, Muslim no. 28)

Dalam riwayat Muslim:

مَنْ شَهِدَ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله، وَأَنَّ مُحَمَّدا رَسُولُ اللّهِ. حَرَّمَ الله عَلَيْهِ النَّارَ
"Barangsiapa yang bersyahadat bahwa tiada sesembahan yang Haq kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, maka Allah haramkan ia masuk neraka". (HR. Muslim no. 29).

KEUTAMAAN SYAHADAT

Kandungan hadits

1. Syahadat adalah Kalimat tauhid yang bisa mengantarkan seseorang ke surga

2. Perjuangan hidup bila disederhanakan sesungguhnya hanyalah menjaga, mengawal, dan menerjemahkan tauhid dalam hidup hingga ajal tiba.

3. Kebaikan seseorang tidak bermakna dan bernilai bila tidak bersyahadat

4. Keyakinan kepada Allah Subhanahu wata'ala sebagai tuhan akan mengantarkan seseorang ke surga

5. Keyakinan seseorang kepada Muhammad Shalallahu alaihi wasallam akan mengantarkan kepada keadaan untuk mendapatkan syafaat kelak di alam Mahsyar.
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki