IBX5A47BA52847EF Adab dalam Menghormati Jenazah

Adab dalam Menghormati Jenazah

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ "إِذَا رَأَيْتُمْ الْجَنَازَةَ فَقُومُوا لَهَا حَتَّى تُخَلِّفَكُمْ أَوْ تُوضَعَ." رواه الترمذي
Dari Amir bin Rabi'ah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Apabila kalian melihat jenazah, maka berdirilah sampai jenazah itu lewat, atau sampai jenazah itu diletakkan" HR. At-Tirmidzi (w. 297 H)

Adab dalam Menghormati Jenazah

Istifadah:

Dalam hadist shahih Imam Bukhari diceritakan, pernah suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melihat rombongan yang membawa jenazah dihadapan beliau. Nabipun berdiri menghormati . Melihat hal tersebut sahabat lantas berkata dengan nada seolah protes, "bukankah “Itu jenazah orang Yahudi.”

“Bukankah ia juga manusia?” sahut Rasulullah.

Dari dialog di atas, kita dapat memahami bahwa Rasulullah sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini beliau terapkan dalam etika menghormati orang lain, tidak peduli siapapun mereka dan apa agamanya. Bahkan Nabi tetap menghormati orang yang sudah meninggal dengan cara berdiri ketika jenazah tersebit lewat di hadapannya, sekalipun beragama Yahudi. Karena kerahmatan Islam adalah untuk semuanya, baik manusia, jin, hewan, tumbuhan maupun alam semesta.

Hadist di atas memberi pesan bahwa menghormati orang lain bukan saja ketika ia masih hidup, namun ketika sudah meninggal pun kita tetap dianjurkan untuk menghormatinya. Salah satunya adalah berdiri ketika ada iringan jenazah yang lewat di hadapan kita, baik jenazah itu muslim maupun non muslim. Inilah salah satu etika yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap orang yang sudah meninggal.

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki