IBX5A47BA52847EF Biografi singkat syeikh abdul qhani penulis umdatul ahkam

Biografi singkat syeikh abdul qhani penulis umdatul ahkam

Penulis umdatul ahkam bernama syeikh abdul qhani bin abdul wahid bin ali bin surur bin rafi bin hasan bin ja’far

Lahir di aljamma’il palestina pada tahun 541 h. Berteman dekat dalam menuntut ilmu dengan imam masyhur almuafiq bin qudamah, namun syeikh abdul qhani lebih condong kepada hadist.

Keduanya melakukan perjalanan menuntut ilmu ke baqhdad. Disana mereka bertemu banyak ulama besar terutama banyak mengambil ilmu dengan syeikh abdul qadir aljailani dan ibnul muni.

syeikh abdul qhani penulis umdatul ahkam

Syeikh abdul qhani muda melanjutkan perjalanan menuntut ilmu ke mesir, ashbahan dan ke damaskus. disana dia bertemu ulama besar.

Ibnu rojab (syarhu shahih albukhari liibni rojab) menyebutkan pujian para ulama tentang syeikh abdul qhani tentang kekuatan hafalannya terhadap matan hadist dan sanadnya sehingga digelari amirul mu’minin fil hadist)

Syeikh abdul qhani dikenal ahli ibadah, menjauhkan diri dari dosa, aqidah yang lurus mengikuti salafus sholeh, tutur syeikh ibnu rojab rahimahullah.

Syeikh almuafiq juga menyebutkan bahwa temannya ini ahli ibadah dan kami saling berlomba dalam kebaikan tapi dia selalu mendahuluiku kecuali hanya sedikit.

Syeikh abdul qhani dikenal giat menegakkan amar maruf dan nahi mungkar baik dengan tangan, mulut dan anggota badannya. beliau tidak gentar atas celaan manusia kepadanya sehingga terjadi gesekan dengan penguasa dan ahlu bidah yang berujung kepada gangguan dari pelaku bidah dan orang yang sesat. Inilah konsekuensi orang yang membiasakan diri untuk memperbaiki kerusakan.

Syeikh abdul qhani dikenal dermawan, santun kepada manusia, tawadhu, siapa yang melihatnya akan hormat dan kagum.

Hasil karya tulisnya lebih dari 40 kitab, baik yang berukuran besar yg berjilid-jilid dan ukuran kecil. Semuanya bentuk kepedulian terhadap ilmu syar’i diantaranya hadist, fiqh, nasehat dan akhlak dll

Adapun kitab umdatul ahkam menunjukkan kepada kita akan ketelitian dan kematangan pemahaman beliau terhadap hadist.

Syeikh abdul qhani rahimahullah wafat pada hari senin, 23 rabiul awal tahun 600 hijriah diusia 59 tahun.

sumber taisirul a'lam syarhul umdatul ahkan
diterjemahkan secara bebas oleh Atri Yuanda Elpariamany
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki