IBX5A47BA52847EF Biografi singkat syeikh abdullah penulis syarah umdatul ahkam

Biografi singkat syeikh abdullah penulis syarah umdatul ahkam

Beliau bernama abu abdurrahman, abdillah bin abdurrahman bin shalih bin hamad bin muhammad bin hamad bin ibrahim alu bassa’m

Lahir pada tahun 1346 H/1928 M

Keluarganya alu bassa’am dari suku besar yg terkenal dari bani tamim dalam hal melakukan kebaikan dan sosial sehingga banyak negeri yg dekat maupun jauh mengenal mereka. Keluarganya termasuk paling kaya dan punya banyak cabang bisnis di negara hijaz, teluk, irak, syam, india dan negara lainnya. Walau begitu mereka sangat terbuka menerima tamu dan dermawan.

Kesibukan terhadap bisnis tidak membuat mereka lalai terhadap ilmu agama. Keluarga ini dekat dengan ulama dan semangat koleksi kitab dan mengkajinya terutama yg berkaitan dengan sejarah dan adab. Memiliki majlis yg sering bahas permasalahan sejarah dan diskusi bermanfaat.

syeikh abdullah penulis syarah umdatul ahkam

Syeikh abu aburrahman lahir di kota unaizah tempat keluarganya menetap. Ketika usia tamyiz ayahnya mulai menghafal alquran dan pengadaan kitab mengajarkan anaknya. dia dan saudara kandungnya syeikh shalih mulai mempelajari ilmu fiqh, nahwu, sejarah hidup nabi, sejarah islam, nasab, syair dll.

Beliau juga mempelajari tafsir ibnu katsir, bidayah wan nihayah, asadul qobah fi asmais shohabah dll ketika masih diusia remaja.

Kemudian mulazamaz berbagai disiplin ilmu kepada syeikh abdurrahman bin nashir bin sa’dy rahimahullah selama 8 tahun seperti tafsir, hadist, ushul hadist, tauhid, fiqh, ushul fiqh, nahwu shorof dll

Selama belajar dengan syeikh assadi, beliau telah hafal alquran, buluqul maram, alfiyah ibnu malik fin nahwu dll.

Para masyayikhnya di markaz tauhid 8 orang

Dahulu beliau sering kali ketika bertemu ulama bertanya dan meminta saran dan bahkan datang kerumah para masyayikh diluar waktu belajar untuk mengambil manfaat ilmu terutama dibidang yg dia gemari.

Kemudian lanjut ke makkah mukarramah dan bertambah perhatiannya kepada ilmu. Beliau sejak kecil sudah biasa duduk dimajlis para ulama terutama mengambil manfaat di bidang sejarah dari lebih 10 guru.

Pada tahun 1374 h beliau menyelesaikan belajarnya dan menjadi hakim di thaif dan amanah lainnya lebih dari 11 posisi penting. Beliau aktif dakwah di arab saudi, ikut mutamar ulama yg di selenggarakan di asia, afrika, eropa dan australia.

Hasil karya tulis ilmiahnya lebih dari 10 kitab. Beliau punya 6 anak laki-laki dan 6 perempuan.

Mazhab hambali, manhaj salaf, terpengaruh dengan syeikh muhammad bin abdul wahhab

Wafat pada 1423 H/2002 M
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki