Datangi Masjid Dengan Pakaian Terbaikmu

Allāh berfirman dalam surat Al-A'rāf [7] ayat 31:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Jika ke kantor, ke mall, ke pesta, sahabat mengenakan pakaian terbaik dengan harapan mendapatkan pemuliaan dari manusia, apakah sahabat tidak menghendaki pemuliaan dari yang menguasai dan memiliki seluruh yang fana (tidak abadi) tersebut?

Keindahan adalah bagian dari makmurnya masjid, mari hiasi masjid berawal dari menghiasi diri, batin dan kemudian zhahir

Datangi Masjid Dengan Pakaian Terbaikmu

Jika dahulu banyak yang beribadah dengan telanjang, maka Islam hadir dengan semangat lebih tinggi lagi, bukan saja tidak telanjang, namun tertutup auratnya secara rapih dan sempurna

Jika di masjid saja tertutup rapih dan indah, maka demikian seharusnya di luar masjid: tertutup rapih dan indah

Semua warna indah, ciptaan Allāh, namun jika ada putih, iya akan lebih mengingatkan kita pada kematian, melembutkan dan menundukkan.

Nabi Muhammad ﷺ pernah berpesan:

عَلَيْكُمْ بِالثِّيَابِ الْبَيَاضِ فَالْبَسُوهَا؛ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ، وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ"
Berpakaian putihlah kalian, kenakanlah ia selalu, karena sesungguhnya pakaian putih itu lebih cerah dan lebih baik: dan kafankanlah dengannya orang-orang mati kalian. 

Wido Supraha (@supraha)

Tidak ada komentar: