IBX5A47BA52847EF Harus Tahu, inilah sifat manusia menurut Al-Qur'an

Harus Tahu, inilah sifat manusia menurut Al-Qur'an

Manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dengan beraneka rupa dan sifatnya masing-masing. Segalanya tentang penciptaan manusia oleh-Nya dituangkan dalam Alqur’an.

Allah subhanahu wa ta'ala menanamkan kepada manusia dengan sifat yang berbeda, yaitu sebagai bahan untuk membantu kita (sebagai makhluk-Nya) agar lebih introspeksi diri, sehingga kelak akan menjadikan kita sebagai manusia yang dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala

Harus Tahu, inilah sifat manusia menurut Al-Qur'an

Berikut ini penjelasan mengenai berbagai sifat manusia yang tertulis dalam Alqur’an;

1. MANUSIA ITU LEMAH

يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمۡ‌ۚ وَخُلِقَ ٱلۡإِنسَـٰنُ ضَعِيفً۬ا (٢٨)
“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah”
(QS. Annisa: 28)

Ayat ini mengandung sebuah makna, bahwasanya Allah hendak memberikan keringanan dalam hal syariat dan ketentuan-ketentuan yang mudah dan ringan. Allah menciptakan manusia dalam keadaan lemah, lemah menghadapi segala bentuk kecenderungan batin.

Maka itulah segala beban-beban yang diberikan kepada manusia mengandung unsur kemudahan dan keluasan. Itulah sebuah karunia Allah subhanahu wa ta'ala yang diberikan kepada hamba-Nya.

2. MUDAH TERPERDAYA

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلۡإِنسَـٰنُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ ٱلۡڪَرِيمِ (٦)
“Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah” (QS. Al-Infithar: 6)

3. MANUSIA ITU LALAI

أَلۡهَٮٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ (١)
“Bermegah-megahan telah melalaikanmu” (QS. At-Takasur: 1)

4. MEMILIKI SIFAT PENAKUT

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَىۡءٍ۬ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٲلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٲتِ‌ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِينَ (١٥٥)
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqoroh: 155)

5. SIFAT MANUSIA BERSEDIH HATI

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱلَّذِينَ هَادُواْ وَٱلنَّصَـٰرَىٰ وَٱلصَّـٰبِـِٔينَ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ وَعَمِلَ صَـٰلِحً۬ا فَلَهُمۡ أَجۡرُهُمۡ عِندَ رَبِّهِمۡ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡہِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُونَ (٦٢)
“Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal soleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 62)

6. SUKA TERGESA-GESA

وَيَدۡعُ ٱلۡإِنسَـٰنُ بِٱلشَّرِّ دُعَآءَهُ ۥ بِٱلۡخَيۡرِ‌ۖ وَكَانَ ٱلۡإِنسَـٰنُ عَجُولاً۬ (١١)
“Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.” (QS. Al-Isra’: 11)

7. MANUSIA ITU SUKA MEMBANTAH

خَلَقَ ٱلۡإِنسَـٰنَ مِن نُّطۡفَةٍ۬ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ۬ مُّبِينٌ۬ (٤)
“Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.” (QS. An-Nahl: 4)

8. SUKA BERLEBIH-LEBIHAN

وَإِذَا مَسَّ ٱلۡإِنسَـٰنَ ٱلضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۢبِهِۦۤ أَوۡ قَاعِدًا أَوۡ قَآٮِٕمً۬ا فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهُ ۥ مَرَّ ڪَأَن لَّمۡ يَدۡعُنَآ إِلَىٰ ضُرٍّ۬ مَّسَّهُ ۥ‌ۚ كَذَٲلِكَ زُيِّنَ لِلۡمُسۡرِفِينَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ (١٢)
“Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Yunus: 12)

كَلَّآ إِنَّ ٱلۡإِنسَـٰنَ لَيَطۡغَىٰٓ (٦)
“Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampui batas” (QS. Al-Alaq: 6)

artikel republish diedit kembali oleh admin
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki