Keutamaan Shalat Berjamaah Di Masjid

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Shallallahu alahi wa salam  bersabda :

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً
“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, No. 666)

Keutamaan Shalat Berjamaah Di Masjid

PELAJARAN YG TERDAPAT DLM HADITS :

1. Keutamaan yg akan diperoleh bagi orang yang melakukan perjalanan ke masjid/musholla untuk shalat berjamaah, ialah akan mendapat dua kebaikan :

a) Akan dihapus dosa-dosanya
b) Akan ditinggikan derajatnya.

2. Barangsiapa pergi ke masjid pagi atau petang hari, maka Allah akan menjadikan untuknya hidangan di surga setiap kali ia berangkat pagi atau petang. (Lihat HR. Muttafaq alaih)

3. Perintah untuk senantiasa melaksankan shalat jamaah di masjid/musholla selama tdk ada halangan (udzur. )

TEMA HADITS YG BERKAITAN DNG AL QUR'AN :

1. Perintah shalat berjamaah :

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ
"Dan laksanakan sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk." (QS. Al-Baqarah/2 Ayat 43)

2. Hanya orang-orang berimanlah yg memakmurkan masjid :

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَ قَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ فَعَسٰٓى اُولٰۤئِكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ
"Sesungguhnya yg memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. At-Taubah/9 Ayat 18)

Semoga manfaat

Tidak ada komentar: