IBX5A47BA52847EF Neraka Saqar, Bagi Yang Enggan Sholat

Neraka Saqar, Bagi Yang Enggan Sholat

Dalam Al Quran banyak sekali ayat-ayat yang menerangkan tentang perintah sholat. salah satu ayat dari banyaknya ayat yang menjelaskan tentang perintah sholat terdapat dalam Qs Al Baqarah 02 : 34 dan 110.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
"Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'."

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan ummat islam untuk mendirikan sholat. dalam ayat tersebut perintah sholat berbarengan dengan perintah zakat. dalam banyak ayat Al Quran tidak sedikit perintah sholat selalu digandengkan dengan perintah zakat. 

poin ketiga dari ayat tersebut adalah perintah ruku' bersama orang-orang yang ruku'. banyak penafsiran ahli tafsir dalam menerangkan ayat tentang "rukuklah bersama orang-orang yang rukuk' salah-satunya adalah penafsiran yang menjelaskan perintah sholat berjamaah.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
"Dan dirikanlah sholat dan tunaikan zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. sesungguhnya Allah maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan"

Dari ayat kedua dari Qs Al Baqoroh 02 : 110 ini masih menggandengkan perintah sholat dengan perintah zakat, namun dalam ayat selanjutnya bahwa kebaikan yang di usahakan oleh manusia, pahalanya hanya ada disisi Allah dan Allah Maha-melihat apa yang hamba-hambanya kerjakan.

Neraka Saqar, Bagi Yang Enggan Sholat

Selain dari QS. Al Baqoroh 02 : 43 dan 110, terdapat juga dalam QS An Nuur 24 : 56.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
"Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan ta'atlah kepada rosul, supaya kamu diberi rahmat"

Dalam ayat ketiga yang memerintahkan sholat juga terdapat perintah zakat. namun poin ketiga dalam ayat ini adalah mentaati rosul Allah. dari ayat-ayat diatas jelas bahwa sholat merupakan perintah tuhan kepada hambanya. ayat-ayat tentang sholat banyak sekali terdapat didalam Al Quran. ketiga ayat diatas merupakan salah-satu dari banyaknya ayat-ayat yang membahas tentang sholat di dalam Al Quran.

Ancaman Allah subhanahu wa ta'ala bagi mereka yang enggan melaksanakan sholat, mereka akan dimasukkan kedalam Neraka Saqar

Siapa Penghuni Neraka Saqar?

Tentang keadaan orang-orang yang berdosa Al-Quran menjelaskan dalam Surat Muddatstir. "Apa yang menyebabkan kamu masuk Neraka Saqar?” ( Surat ke 74 : 42)

Inilah jawaban orang-orang yang berada di dalam Neraka Saqar (yaitu Neraka yang dijaga oleh 19 malaikat, yang menghanguskan kulit manusia).

1. "Dulu kami termasuk orang-orang yang meninggalkan sholat.” (ayat 43)
2. "Kami kikir,tidak memberi makan orang miskin & tidak memuliakan anak yatim.” (ayat 44)
3. "kami juga berbicara untuk tujuan yang bathil.” (ayat 45)
4. "dan kami tidak percaya akan hari pembalasan sampai datang kematian pada kami.” (ayat 46-47)

Mari renungkan bersama,mengapa Allah menurunkan Surat ke 74 ini? Apakah Allah hanya menakut-nakuti manusia? atau ada tujuan baik lain? Sesungguhnya setiap sesuatu yang Allah perintahkan, Allah larang, Allah tunjukkan.. adalah untuk kebahagiaan hidup manusia baik di dunia maupun akherat. Allah menunjukkan keadaan Neraka Saqar seperti itu supaya kita berpikir dan menjauhi hal-hal yang menyebabkan seseorang terjebur ke dalam Neraka Saqar.

Ketika Allah menunjukkan akibat bagi orang-orang yang berdosa,maka Allah juga menunjukkan jalannya bagaimana agar kita tidak termasuk ke dalam orang-orang berdosa tsb..antara lain laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat.

Mulia Mulyadi
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki