HUKUM PERTANDINGAN UFC, MMA DAN TINJU

Pertandingan UFC, MMA, Tinju dan yang semisalnya adalah haram karena beberapa sebab keharaman. Berikut kami nukil fatwa Forum Ulama Internasional Rabithah 'Alam Islami:

يرى مجلس المجمع بالإجماع أن الملاكمة المذكورة التي أصبحت تمارس فعلاً في حلبات الرياضة والمسابقة في بلادنا اليوم هي ممارسة محرمة في الشريعة الإسلامية؛ لأنها تقوم على أساس استباحة إيذاء كل من المتغالبين للآخر إيذاء بالغًا في جسمه قد يصل به إلى العمى أو التلف الحاد أو المزمن في المخ أو إلى الكسور البليغة، أو إلى الموت، دون مسئولية على الضارب، مع فرح الجمهور المؤيد للمنتصر، والابتهاج بما حصل للآخر من الأذى، وهو عمل محرم مرفوض كليًّا وجزئيًّا في حكم الإسلام؛ لقوله تعالى: وَلاَ تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ، وقوله تعالى: وَلاَ تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا، وقوله صلى الله عليه وسلم: لا ضرر ولا ضرار.
Majelis forum ulama sepakat bahwa tinju yang digemari sebagai olahraga dan pertandingan seperti di negeri kita adalah haram dalam syari'at Islam, karena prinsipnya adalah kebolehan menyakiti lawan yang memunculkan bahaya besar bagi tubuh, dan bisa sampai buta, atau cidera berat, atau merusak otak, atau patah anggota tubuh, bahkan sampai mati, tanpa harus bertanggung jawab.

Dan pendukung petarung yang menang bergembira dan senang atas penderitaan lawan mereka, maka hukumnya haram dan tertolak dalam hukum Islam, secara global maupun parsial.

HUKUM PERTANDINGAN UFC, MMA DAN TINJU

Berdasarkan firman Allah ta'ala,

وَلاَ تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ
"Janganlah kamu menjerumuskan dirimu sendiri dalam kebinasaan." [Al-Baqorah: 195]

Dan firman Allah ta'ala,

وَلاَ تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
"Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu." [An-Nisa: 29]

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ
"Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain." [HR. Ibnu Majah dari Abu Said Al-Khudri radhiyallaahu'anhu]

[Dinukil dari Fatawa Ibni Baz, 19/395]

Ditambah lagi dengan berbagai keharaman di dalamnya seperti perjudian, memunculkan wanita-wanita yang membuka aurat, campur baur antara laki-laki dan wanita, mengakibatkan permusuhan, kebencian, menyia-nyiakan waktu dan lain-lain.

Sumber: fb ustadz sofyanruray

Tidak ada komentar: