Kebaikan sebuah negri

Banyak orang menyatakan kalau ingin negara ini baik, rakyat meski baik terlebih dahulu, dari sana lahirlah seorang pemimpin yang baik. Jikalau rakyatnya buruk, pemimpinpun akan buruk, karna pemimpin cerminan rakyat.

Kita jawab, benar namun tidak selamanya pemimpin yang baik harus dari rakyat yang baik pula. Seorang yang hebat tidak harus lahir dari lingkungan yang hebat, lihatlah para nabi apakah mereka muncul dari masyarakat baik?

Kebaikan sebuah negri

Nabi Muhammad seorang pemimpin terhebat sepanjang masa, ia lahir ditengah masyarakat arab yang sangat buruk pada kondisi spiritual, sosial, ekonomi dan lainnya.

Lihat pula kelahiran Dinasti Umayyah ll di Spanyol, Turki Usmani dan berdirinya kerajaan Saudi, apakah para pemimpin hebat itu lahir dari masyarakat yang baik atau muncul dari air yang keruh, kemudian menjadi jernih setelah ia jadi pemimpin.

Erdogan mampu merubah Turki dari haluan komunis kepada bentuk negara Islam sedikit demi sedikit, apakah ia muncul dari masyarakat yang baik?

Kesimpulannya, masyarakat yang baik melahirkan pemimpin yang baik dan pemimpin yang baik melahirkan masyarakat yang baik.

(Rail / al munir : ...)
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: