IBX5A47BA52847EF Kenapa sangat penting mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad

Kenapa sangat penting mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad

1. Dikarenakan perjalanan hidup Rasulullah merupakan paling agung dalam sejarah kehidupan manusia untuk dipelajari karena muhammad shallallahu alahi wa salam adalah penghulunya keturunan nabi adam, Rasulullah shallallahu alahi wa salam bersabda

أنا سيد ولد آدم يوم القيامة 
Saya adalah penghulu para keturunan nabi adam pada hari kiamat kelak. (HR. Muslim)

2. Berkata abdul hamid bin ba’dis rahimahullah: memahami alquran berkaitan dengan memahami kehidupan rasulullah dan sunnahnya, dan dengan memahami kehidupan Rasulullah akan berkaitan erat dengan memahami isi alquran dan ajaran islam sebenarnya.

3. Dengan memahami perjalanan hidup Rasulullah maka anda akan tahu bagaimana agama islam yang mulia ini bisa sampai kepada anda.

4. Dengan mempelajari perjalanan hidup Rasulullah, kita akan mengetahui praktek nyata yang dilakukan Rasulullah dan sahabat-sahabatnya yang berkaitan dengan hukum-hukum islam.

5. Untuk mengikuti ajaran Rasulullah maka diharuskan memperhatikan keseluruhan, segala aspek, tanda-tanda kenabian dan kekhususan yang dimiliki Rasulullah shallallahu alahi wa salam.

perjalanan hidup Nabi Muhammad

6. Terus bertambah ingin mengenal perjalanan hidup Rasulullah merupakan diantara sebab penting meneladani dan mencintai Rasulullah untuk dicontoh dalam segala aspek kehidupan.

7. Meneladani Rasulullah shallallahu alahi wa salam yang memiliki perjalanan hidup yang terang. Ini bukti konkrit keharusan mengikutinya dan bentuk kecintaan Hamba kepada Allah, sebagaimana Allah azza wa jalla berfirman :
قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله و يغفر لكم ذنوبكم والله غفور رحيم 
Katakanalah jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku (muhammad) maka Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian, sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang. (QS. Al-Imran: 31)

8. Mengetahui perjalanan hidup Rasulullah akan sangat membantu memahami kalamullah (alquran) azza wa jalla dan sunnah Rasulullah shallallahu alahi wa salam.

9. Mengetahui perjalanan hidup Rasulullah akan sangat membantu untuk memahami banyak cabang ilmu seperti aqidah, tafsir, fiqh, akhlak dan sebagainya.

10. Dapat mengetahui sebab turunnya ayat dan mengetahui banyak kecocokan dari perkataan-perkataan rasulullah, perkataan-perkataan para sahabatnya yang tidak diketahui kecuali mempelajari perjalanan hidup Rasulullah shallallahu alahi wa salam.

Diterjemahkan oleh Atri Yuanda El-pariamany
Sumber : kitab assirajul munir oleh syeikh na’shir bin said assaif. Hal. 12
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki