IBX5A47BA52847EF Golongan Yang Selamat (Al-Firqah An-Naajiyah)

Golongan Yang Selamat (Al-Firqah An-Naajiyah)

Bagaimana anda dapat selamat dari 72 golongan (yang diancam masuk neraka), sehingga anda termasuk golongan yang selamat (Al-Firqah An-Naajiyah)?

Imam Abdullah bin Al-Mubaarak berkata :

"Pokok dari 72 golongan bersumber kepada 4 golongan, dari keempat golongan inilah bercabang menjadi 72 golongan :

  • Qadariyyah
  • Murji-ah
  • Syi'ah
  • Khawarij

Barangsiapa yang mengedepankan (mengutamakan) Abu Bakar, kemudian 'Umar, kemudian 'Ustman, kemudian 'Ali diatas para sahabat Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam yang lain, dan tidak berbicara tentang mereka semua (para sahabat), kecuali dengan kebaikan serta mendo'akan mereka, maka dia telah terbebas dari SYI'AH dari awal hingga akhir.

Golongan Yang Selamat (Al-Firqah An-Naajiyah)

Barangsiapa mengatakan : "Iman itu perkataan & perbuatan, bertambah & berkurang", maka dia telah terbebas dari MUR-JIAH dari awal hingga akhir.

Barangsiapa mengatakan : "( Sah-nya) sholat (bermakmum) dibelakang setiap orang baik dan orang jahat, berjihad bersama setiap Khalifah, tidak memandang (bolehnya) menentang penguasa dengan senjata, serta mendo'akan mereka dengan kebaikan", maka dia telah terbebas dari KHAWARIJ, dari awal hingga akhir.

Dan barangsiapa mengatakan : "Semua taqdir berasal dari Allah 'azza wa jalla, yang baik atau yang buruk, Dia menyesatkan siapa yang Dia kehendaki", maka dia telah terbebas dari QADARIYYAH dari awal hingga akhir.

Dan dia adalah seorang AHLUSSUNNAH.

(Kitab "Syarh As-Sunnah", Al-Imaam Al Barbahaarii).

Ditulis oleh Ustadzah Arfah Ummu Faynan, Lc
artikel salamdakwah.com
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki