IBX5A47BA52847EF Kewajiban Setiap Muslim Menuntut Ilmu

Kewajiban Setiap Muslim Menuntut Ilmu

Dalam ajaran Islam, menuntut ilmu itu merupakan suatu kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebab dengan ilmu kita bisa mengetahui mana yang baik dan yang tidak baik menurut syari’at. Singkatnya kita akan mengetahui mana yang halal dan mana yang haram.

Dengan ilmu kita bisa mengerjakan ibadah dengan benar sesuai dengan tuntutan syari’at. Cuntoh shalat dengan benar, menjalankan puasa dengan benar dan lain sebagainya. Ilmu juga sangat dibutuhkan untuk kehidupan dunia.

Kewajiban Setiap Muslim Menuntut Ilmu

Berikut ini hadits tentang ilmu.

Hadits Kewajiban Mencari Ilmu”

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
"Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Hadits "Menginginkan kebahagiaan Dunia-Akhirat, wajib dengan Ilmu”

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi).

Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang menuntut ilmu, praktis mereka yang berilmu, dan beramal shalih berdasarkan ilmu. Tidak membuat aturan sendiri yang mengikuti hawa nafsunya.
Pentingnya belajar dan menuntut ilmu sudah sangat jelas diterangkan diberbagai dalil menuntut ilmu baik ayat suci Al Quran maupun hadist Nabi shallallahu alahi wa salam.

Allah subhanahu wa ta'ala sendiri telah berfirman dalam Al-Quran surat Al Mujadalah sebagai berikut

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al-Mujadalah : 11).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala ridho dan senang dengan mereka yang berjihad dalam menuntut ilmu sehingga Allah subhanahu wa ta'ala akan mengangkat derajatnya.

Dengan demikian, jelaslah bahwa seorang muslim yang ikhlas dalam menuntut ilmu akan mendapatkan manfaat dan keutamaan yang besar. ia akan senantiasa hidup dengan cara-cara yang Islami dan sesuai dengan syariat Nabi Muhammad shallallahu alahi wa salam.

[ Mulia Mulyadi ]
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki