IBX5A47BA52847EF Lomba dan Kuis Seputar Maulid | Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc

Lomba dan Kuis Seputar Maulid | Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc

Saudaraku...

Mencintai Rosulullah ﷺ adalah syarat keimanan... Semua muslim dan mu'min insya Allah di hatinya terdapat kecintaan kepada Beliau...

Namun ketahuilah...

Bahwa cinta adalah amalan hati, adapun prakteknya tentu saja harus sesuai yang diperintahkan dan dicontohkan beliau dan para sahabatnya, karena para sahabat generasi yang paling cinta kepada beliau.

Di bulan ini (Robi'ul awal), kaum muslimin menumpahkan Rasa Cintanya kepada beliau dengan marak melakukan Maulid Nabi...
Lomba dan Kuis Seputar Maulid
Maka benarkah dengan cara itu kita menumpahkan cinta kita kepadanya?

Maka simaklah beberapa pertanyaan ini :

1. Berapa kali Nabi ﷺ merayakan maulid (ulang tahun) beliau..?

2. Sebutkan satu dalil saja dari Nabi ﷺ yang memerintahkan para sahabat Radhiyallahu 'anhum untuk merayakan maulid beliau..?!

3. Siapakah khalifah rasyidin yang pertama kali merayakan maulid Nabi yang mulia..?

4. Dimanakah para sahabat ridhwanullah alaihim pertama kali merayakan maulid Nabi yang mulia..?

5. Sebutkan bagaimana cara perayaan maulid Nabi di zaman sahabat? Dan jenis manisan dan makanan apa saja yang dibagikan saat acara maulidan tsb..?

6. Sebutkan tahun berapa para imam yang empat mengadakan peringatan maulid Nabi yang mulia..?

7. Apakah nasyid populer yang disenandungkan saat peringatan maulid di zaman sahabat Radhiyallahu 'anhum dan tabi'in..??

PERHATIAN :

Jawaban haruslah dari al-Qur'an dan sunnah, atau atsar sahabat Radhiyallahu anhum dan tabi'in rahimahumullâhu.

Apabila tidak Anda dapati, mungkin bisa Anda infokan kepada kami darimana dan bagaimana bisa peringatan seperti ini muncul?

Dan mengapa pula para sahabat Radhiyallahu 'anhum dan para tabi'in seperti para imam yang empat koq bisa sampai lalai dari mengerjakan hal ini?

ARAHAN KEKASIH KITA...

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي ، وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ، وَإِيَّاكُمْ وَالأُمُورَ الْمُحْدَثَاتِ ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
“Maka wajib atas kalian untuk berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafaur-rasyidin yang diberi petunjuk (yang datang) sesudahku, gigitlah sunnah itu dengan gigi geraham kalian. Dan jauhilah perkara-perkara baru yang diada-adakan (dalam urusan agama -ed). Karena sesungguhnya setiap perkara yang baru itu bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat.” (HR.at-Tirmidzi hadits no. 2676, beliau mengatakan Hasan Shahih)

PONDASI AHLUSSUNNAH..

Imam Ahmad Rahimahumullâhu berkata :

أُصُوْلُ السُّنَّةِ عِنْدَنَا اَلتَّمَسُّكُ بِمَا كَانَ عَلَيْهِ أَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وعلى آله وسلم وَالْإِقْتِدَاءُ بِهِمْ وَتَرْكُ الْبِدَعَ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
“Pokok sunnah di sisi kami adalah berpegang teguh dengan apa-apa yang para shahabat Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam berada di atasnya, meneladani mereka serta meninggalkan bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan”.

Semoga Manfaat...

(Sebagian disadur dari grup alumni)

Ustadz Oleh : Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc hafizhahullah
Sumber: Salamdakwah.com
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki