IBX5A47BA52847EF Rasulullah bersabda: "Janganlah kamu marah"

Rasulullah bersabda: "Janganlah kamu marah"

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْصِنِي قَالَ لَا تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَارًا قَالَ لَا تَغْضَب
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu alahi wa salam: "Berilah aku wasiat?" baginda bersabda: "Janganlah kamu marah." Laki-laki itu mengulangi pertanyaannya, baginda tetap menjawab: "Janganlah kamu marah." (HR Bukhari No: 5651)
Janganlah kamu marah

Kandungan hadits

1. Rasulullah berpesan"Jangan Marah" diulang ulang hingga tiga kali untuk menjawab pertanyaan yang sama.

2. Pesan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tersebut mengisyaratkan bahwa perilaku gampang tersulut sebagai sumber malapetaka dan konflik.

3. Marah adalah pokok berbagai kejahatan, dan menahan diri darinya adalah pokok segala kebaikan.

4. Marah akan menimbulkan perbuatan yang diharamkan seperti memukul, menyakiti orang, mengeluarkan perkataan kotor, termasuk dalam bentuk tulisan di medsos seperti memfitnah, mencaci maki, berkata kotor, membuly, dan lain sebagainya.

5. Akhlak yang baik adalah meninggalkan sifat marah, mengutamakan sabar dan husnudzan . Akhlak yang baik terhimpun dalam satu kalimah, “Meninggalkan Marah.”

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

وَسَارِعُوْۤا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُ ۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ 
"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 233- 134)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki