Syaikh Bin Baz dan Buku Fisika | nasehat

Salah seorang putri beliau menyebutkan bahwa suatu kali beliau masuk menemui putri beliau yang duduk di bangku tsanawiyyah (di Arab Saudi setingkat SMA di Indonesia -pent)

Lalu beliau (Syaikh bin Baz rahīmahullāhu) berkata; “Faedah apa atau buku apa yang bisa engkau bacakan kepadaku?”

Ketika itu putrinya tersebut sedang memegang buku fisika, maka dia membacakan kepada beliau isi muqaddimah buku tersebut dan di dalamnya disebutkan, “Matahari, darinyalah kehidupan kita, kalau bukan karena matahari niscaya tanaman tidak akan tumbuh dan hujan tidak akan turun.”

Syaikh Bin Baz dan Buku Fisika

“Maka beliau bertanya kepada putrinya tersebut apakah benar-benar tertulis demikian?”

Lalu beliau menyuruhnya agar mengambil kertas, kemudian beliau mengatakan kepadanya, tulislah;

Matahari diciptakan oleh Allāh tabāraka wa ta’āla dan Dia menundukkannya untuk hamba-hamba-Nya dan negeri-negeri, dia termasuk makhluk ciptaan Allāh tabāraka wa ta’āla, dan tidak boleh bagi kita untuk menyandarkan pertumbuhan tanaman dan penurunan hujan kepada matahari ataupun kepada makhluk yang lainnya. Ucapan semacam ini merupakan kesyirikan.”

Dan beliau menyebutkan ayat:

ﻭَﺳَﺨَّﺮَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞَ ﻭَﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻤْﺲَ ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮَ ۖ ﻭَﺍﻟﻨُّﺠُﻮﻡُ ﻣُﺴَﺨَّﺮَﺍﺕٌ ﺑِﺄَﻣْﺮِﻩِ ۗ ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺫَٰﻟِﻚَ ﻟَﺂﻳَﺎﺕٍ ﻟِﻘَﻮْﻡٍ ﻳَﻌْﻘِﻠُﻮﻥَ.
“Dan Dia (Allāh tabāraka wa ta’āla) telah menundukkan siang dan malam, matahari dan bulan untuk kalian, dan bintang-bintang ditundukkan dengan perintah-Nya, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berfikir.” [QS. An-Nahl: 12]

Kemudian beliau rahīmahullāhu mengingatkan kepada kepala sekolah anak-anak perempuan ketika itu tentang wajibnya memperhatikan penyusunan kurikulum dan memilih beberapa ulama untuk mengkoreksi dan memeriksanya.

Lalu beliau mengambil kertas tersebut dan mengirimnya. Beberapa waktu kemudian buku-buku pelajaran di sekolah tersebut telah diubah dan ditambahkan kata pengantar dari beliau rahīmahullāhu.

Sumber: bimbinganislam.com

Tidak ada komentar: