Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada 6 perkara

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ رواه مسلم
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu (w. 57 H) bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hak seorang muslim terhadap seorang muslim ada enam perkara." Lalu beliau ditanya; 'Apa yang enam perkara itu, ya Rasulullah? ' Jawab beliau: (1) Bila engkau bertemu dengannya, ucapkankanlah salam kepadanya. (2) Bila dia mengundangmu, penuhilah undangannya. (3) Bila dia minta nasihat, berilah dia nasihat. (4) Bila dia bersin lalu dia membaca tahmid, doakanlah semoga dia beroleh rahmat. (5) Bila dia sakit, kunjungilah dia. (6) Dan bila dia meninggal, ikutlah mengantar jenazahnya ke kubur. H.R. Muslim (w. 261 H) 

Hak seorang muslim

Istifadah:

- Islam adalah agama kasih sayang dan mengajarkan untuk memperhatikan hak terhadap sesama. Salah satu hal yang dapat diteladani dari hadist ini adalah; hak muslim atas muslim yang lain adalah dengan menjawab salam.

- Mengucap salam merupakan tanda kecintaan terhadap sesama muslim.

- Kita dianjurkan untuk mengucapkan salam baik pada orang yang dikenal maupun tidak dikenal, karena itu dapat mempererat ukhuwah Islamiyah kita. 

- Memulai mengucapkan salam itu sunah adapun menjawabnya itu dihukumi wajib.

- Hendaknya kita memperhatikan pula adab dalam salam; hendaknya mengucapkan salam itu walaupun pada ahli maksiat selama dia muslim, dan kita diharamkan untuk memulai mengucapkan salam pada non-muslim. Adapun salam yang tidak dibolehkan adalah salam yang dikhawatirkan menimbulkan godaan, contohnya : salam sesama yang berusia muda.
 - Utamanya yang lebih muda mengucapkan salam kepada yang lebih tua, dalam wujud penghormatan terhadap yang lebih tua.

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]
Disclaimer:
jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: