Kenapa Saat Berkendara Seseorang Sering Menyanyi Atau Berkhayal

Asy-Syaikh DR. Abdussalam bin Barjas rahimahullah mengatakan :

"Dalam Mushannaf Abdurrazaq, datang dari pernyataan Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu dengan sanad yang bagus, bahwa beliau mengatakan :

إذا ركب الرجل دابته فلم يذكر اسم الله ردفه الشيطان، فقال له : تغن، فإن لم يحسن، قال له : تَمَن
"Apabila seseorang menaiki kendaraannya dan dia tidak menyebut nama Allah; maka setan akan memboncengnya. Lalu setan tadi akan membisikkan padanya, 'Menyanyi saja!' Bila dia tidak bisa menyanyi, setan membisik 'Berkhayal-lah!'."

Saat Berkendara

Dalam atsar ini terdapat penjelasan bahwa bila orang yang berkendara tidak menyebut nama Allah [ membaca Bismillaah atau doa berkendara, pent ] saat menaiki kendaraannya; maka setan akan menemani perjalanannya dan akan membuat dia lupa dari dzikir pada Allah dengan cara :

- Membisikkannya untuk bernyanyi,

bila pengendara itu tidak mahir menyanyi maka dia menuju cara kedua;

- Berangan-angan.

Hingga ia pun tersesat dalam lembah itu dan tercerai-berai dalam angan tersebut. Terkadang memikirkan agar mendapat istri yang cantik.. Rumah mewah.. Kekayaan melimpah.. Dan terus demikian ia membunuh waktunya (di jalan).

Menyia-nyiakan hidupnya! Hingga saat telah dekat ujung penjalanannya [ ujung kehidupan, pent ] maka usia penyesalan pun mengetuknya :

يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي
"'Duhai sekiranya aku dahulu mengerjakan (amal shalih) untuk hidupku (di akhirat) ini'." QS. Al Fajr : 24

لَوْلا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ • وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ 
"'Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat (saja), sehingga aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih?' Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui semua yang kamu kerjakan." QS. Al Munafiqun : 10-11 -Majmu' Mu'allafat Asy-Syaikh Abdussalam bin Barjas Alu Abdil Karim, II/32-33-

Faidah berasal dari Asy-Syaikh Fawwaz hafizhahullah di sini || https://t.me/fawaz_almdkhli/332

Sebuah ilmu yang penting tuk kita terapkan berkali-kali dalam sehari, berdzikir sebelum berkendara. Minimalnya, bismillah. Membaca lengkap dzikir berkendara jelas lebih baik. Allah-lah yang memberi petunjuk.
_____
artikel www.nasehatetam.com
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: