IBX5A47BA52847EF Nasehat sebelum memilih pasangan hidup

Nasehat sebelum memilih pasangan hidup

أخ يسأل والظاهر أنه على زواج، يقول ما و ضابط صاحبة الدين؟ وكيف تُعرف خاصة في زمننا؟
Saudara bertanya dan ia akan menikah, ia berkata : ” BAGAIMANA MENGETAHUI PATOKAN SEORANG WANITA YANG SHOLEHAH?,KHUSUS NYA PADA ZAMAN KITA INI “?

الجواب: أولا أنت كن صادقا مع الله، فإن كنت طيبا فالله ييسر لك الطيبة، وإن كنت مخلط فالله ييسر لك المخلطات، فالطيبات للطيبين، والخبيثات للخبيثين. فأنت اتق الله عز وجل في نفسك.
Jawabannya:

Pertama -tama, jadilah anda seorang yang jujur di hadapan Allah, jika anda telah menjadi orang yang baik maka Allah akan memudahkan urusan mu dalam mencari wanita yang baik juga, akan tetapi jika engkau termasuk org yang tidak jelas (agama, akhlak-nya) maka Allah akan memudahkan urusan mu dalam mencari wanita yang tidak jelas juga dalam agama ataupun akhlak nya.

sesungguhnya laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik dan sebaliknya laki-laki tidak baik untuk perempuan yang tidak baik juga.

Maka hendaklah anda untuk selalu bertaqwa kepad Allah.

ثم المرأة كيف يعرف صلاحها؟
من معرفتك لأهلها والسؤال عنها من خلال من يؤذن لك بالسؤال عنها.
KEMUDIAN, BAGAIMANA MENGETAHUI CIRI-CIRI WANITA YANG BAIK AKHLAK DAN AGAMANYA?

Anda dapat mengetahuinya dari keluarga nya, ataupun anda dapat bertanya kepada keluarganya tentang wanita tersebut, ataupun dari orang lain untuk menanyakan perilaku wanita tersebut.

اليوم في اختلاط في المسائل، اليوم قد تجد امرأة سيئة في بيئة طيبة، وقد تجد امرأة طيبة في بيئة سيئة، وهذا يستدعي السؤال ثم اسأل ربك عز وجل التوفيق.
Pada zaman sekarang, permasalahanya sudah sangat kompleks. terkadang, kita dapati perempuan yang buruk perilakunya di lingkungan yang baik dan terkadang kita dapati perempuan yg baik perilakunya di lingkungan yang buruk, maka dari itu kita perlu bertanya saat mencari wanita yang shalehah, kemudian mintalah Taufiq(kemudahan) kepada Allah

Nasehat sebelum memilih pasangan hidup

الزوجة الصالحة كما قال النبي – صلى الله عليه وسلم- في صحيح مسلم : الدنيا متاع، وخير متاع الدنيا الزوجة الصالحة . رواه مسلم (1467) وابن ماجه (1855) أحسن متاع في الدنيا الزوجة الصالحة.
Perempumaan- perempuan yang shalehah adalah seperti yg di sabda kan Nabi Muhammad shollahu alaihi was sallam :

” الدٌّنْيَا مَتَاعٌ وَ خَيْرٌ مَتَاعٍ المَرْأَةُ الصَالِحَةُ” (رواه مسلم-1467-)(ابن ماجه-1855-)
“Dunia itu kesenangan dan sebaik-baik kesenangan (di dunia ini adalah) mendapati perempuan yg shalehah” (HR. Muslim 1467,Ibnu majah 1855)

Maka sebaik-baik kesenangan di dalam dunia ini ada ketika mendapati seorang wanita yang shalehah.

والله يعلم منك ماذا تريد من الزواج؟
Sesungguhnya Allah lebih mengetahui dirimu dan tujuan yang engkau cari di dalam pernikahan?

وأبشرك إذا أردت الزواج، وإذا أردت العفة وحرصت على صاحبة الدين فإن الله تعالى لا يضيعك إلا لشيء أنت ارتكبته،
ولذا احرص على صاحبة الدين.
Kabar gembira untuk anda yang ingin menikah, jika anda ingin menjaga kesucian diri anda dengan berusaha mendapatkan wanita sholehah. Sesungguhnya Allah tidak akan menyempitkan urusanmu, kecuali jika kamu menyepelekan perkara tersebut. Maka, hendaklah anda bersungguh-sungguh dalam mencari wanita yang shalehah.

وإذا أردت الدين والجمال والحسب والنسب مجتمعين لا حرج لكن شريطة أن تُقدم صاحبة الدين.
Dan jika anda menginginkan kecantikan, keshalihan, martabat, harta dan nasab terkumpul di dalam wanita(yang akan di nikahi) maka itu tidak terlarangan, akan tetapi dengan syarat anda lebih mengutamakan wanita yang baik agamanya.

طالب العلم إذا التقى مع الزوجة، مع الخطيبة أو إذا أراد أن يسأل عنها، يسأل أولا عن دينها أم يسأل عن جمال ؟
Penuntut ilmu jika ia ia akan melamar dan akan menanyai tentang kriteria perempuan tersebut,
apakah ia bertanya tentang agama atau kecantikan duluan?

طالب العلم يسأل عن الجمال قبل الدين، فإن أعجبه الجمال يسأل عن الدين، فإن أعجبه الدين وقع الزواج.
“Penuntut ilmu” hendaklah ia mengawali pertanyaan tersebut dengan kecantikan, kemudian di lanjuti menanyakan kesahalihannya. maka, ia menyukai kecantikan nya dan ia menyukai kesahalihan nya, maka hendaklah ia menikahinya.

الآن اقلب، سأل عن الدين فأعجبه الدين، ثم سأل عن الجمال فلم يعجبه الجمال، فأعرض، وقع في المخالفة
Akan tetapi zaman sekarang telah terbalik, laki-laki menanyai tentang agama si wanita dan ia menyukainya, kemudian ia menanyakan kecantikan si wanita akan tetapi ia tidak menyukainya serta merta ia menolak wanita tersebut. Dalam keadaan ini maka, laki-laki tersebut telah melanggar yang di syariat kan agama.

قال النبي صلى الله عليه وسلم: إذا أتاكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه، هذا الخطاب يشمل الذكر والأنثى.
Nabi shollahu alaihi was sallam bersabda: ” jika datang kepada kalian laki-laki yang kalian ridha agama dan akhlak nya, hendaklah kalian menikahi nya ” perkara ini mencakup laki-laki dan wanita.

يعني أنت يا من تسأل عن زوجة عن صاحبة الدين إذا جاءتك زوجة صاحب خلق ودين يحرم عليك شرعا أن تردها لشيء أخر.
Maksudnya, wahai anda yg mencari wanita yang sholehah, jika telah datang kepadamu wanita yang ia memiliki agama dan akhlak yang baik, maka HARAM atas kalian menolak nya untuk tujuan yang lain.

فحتى ما تقع في المحظور الأصل أن تسأل عن الجمال اولا، فإن رددت رددت من أجل الجمال، أما إذا سألت عن صاحبة الدين وأخبرت أنها صاحبة دين ثم سألت عن الجمال فعلمت أنها ليست جميلة فرددتها تأثم.
Oleh sebab itu, agar anda tidak terjerumus di dalam perkara yang dilarang, pada awalnya hendaklah anda menanyakan tentang kecantikan nya, jika anda tidak suka,anda menolak di karenakan kecantikannya. Namun, jika anda menanyakan tentang agama si wanita(duluan), kemudian ia adalah wanita yang shalehah kemudian anda menanyakan tentang kecantikan nya akan tetapi ternyata wanita tersebut tidaklah cantik, dan anda menolaknya. maka anda berdosa di karenakan menolak yang baik agamanya.

فالأصل أن يسأل طالب العلم عن الجمال أولا، وأنا أنصح طالب العلم وأنصح الجميع عند الزواج أن لا يبحث عن الجمال الذي كما يقولون جمال فائق فهذا له ضريبة لا يعلم بها الا الله، هذه المرأة الجميله لها ضريبة قليلا من الرجال من يتحمّلها.
thalibul ilmi hendaknya menanyakan kecantikan duluan. Aku nasehatkan kepada tholibul ilmi dan kepada semua kaum muslimin agar ketika memilih pasangan tidak terfokuskan pada kecantikan, karena dahulu di katakan :

“Wanita yang terlalu cantik terkadang memiliki perangai(sifat) yang tidak di ketahui kecuali Allah, dan banyak para suami yang tidak mampu bertahan dan menghadapi perangai tersebut”

ابحث عن امرأة تعفك وتعفها وتعيش أنت وإياها في ستر على دين الله عز وجل، هذا هو المطلوب. والله تعالى أعلم.
Carilah wanita yang dapat menjaga kesucianmu dan kesucian dirinya. Dan kamu dapat bersamanya di atas perlindungan agama Allah, Hidup seperti inilah yang di cari oleh setiap manusia.

Wallahu a’lam

Di terjemahkan oleh : Muhammad Fuad, Santri Tsanawi PTQ IMAM ATH-THOBARI, Bogor, Jawa barat | Di moroja’ah oleh : Abu kaysaa,Lc

Sumber : http://meshhoor.com/fatwa/1219/

” Syaikh Mashur Hasan Salman ” (Di antara murid terbaik syaikh Al Bani rohimahullah)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki