Disunnahkan Membaca Al-Kahfi Dihari Jum'at Bukan Yasin

APA MAKSUD CAHAYA YANG DIBERIKAN KEPADA PEMBACA SURAT AL-KAHFI ?

Yang hari ini belum baca, segera baca dan selesaikan...

Hadits-hadits keutamaan membaca surat Al-kahfi dihari Jum'at:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i & Baihaqi)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Baihaqi & Hakim)

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhuma, berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at.”

 Al-Mundziri berkata: "Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa." (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib)



Terdapat 2 makna dalan Cahaya yang dimaksud dalam hadits-hadits diatas:

1. Bermakna kiasan, maknanya adalah barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at maka ia akan dijaga dari kemaksiatan-kemaksiatan dan diberikan petunjuk kepada kebenaran dianatara dua Jum’at, sebagaimana cahaya adalah sesuatu yang dapat meneranginya.

2. dan bisa jadi cahaya yang dimaksud dalam hadits-hadits adalah makna cahaya sesungguhnya, yang maknanya adalah; seseorang akan diberikan cahaya dari bawah kakinya, dimana cahaya tersebut akan nampak pada wajahnya dihari kiamat dan begitupula wajahnya akan nampak cemerlang dan bercahaya di dunia. Namun pendapat kedua inilah yang lebih sesuai dengan hadits Ibnu Umar.

Keutamaan yang disebutkan diatas berlaku pula bagi siapa saja yang membaca surat Al-Kahfi dimalam Jum’at.

Sumber: fatwa.islamweb.net

Ya Allah sempurnakan cahaya bagi kami dan ampunilah dosa-dosa kami.. Aamiin.

Ustadz Abu Bakar Al-Akhdhory, Lc.
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: