Doa Untuk Saudara Seiman

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ، كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ "
”Doa seorang muslim untuk saudaranya seiman saat ia tak ada di hadapannya adalah mustajab (dikabulkan).”  ”Di atas kepalanya ada malaikat yang ditugaskan bersamanya. "Setiap kali orang itu berdoa kebaikan untuk saudaranya. Malaikat yang ditugaskan bersamanya mengatakan:
”Aamiin” (kabulkanlah) , ”Semoga engkau mendapatkan semisalnya.” [ HR. Muslim no. 2733-(88)]

Kandungan hadits

1. Doa seorang muslim untuk saudaranya yang sesama muslim tidak ditolak.

2. Mendoakan orang lain, sementara orang yang didoakan tidak tahu-menahu, maka yang berdoa tersebut mendapatkan semisal harapan yang diminta. Oleh karena itu jangan lelah untuk berdoa. 

Senantiasalah berdoa kepada Allah Ta’ala untuk saudara-saudara Muslim kita, di mana pun mereka berada, tanpa sepengetahuan mereka. Sampaikan permohonan terbaik, agar saudara-saudara kita istiqamah dalam iman dan Islam hingga akhir hayat. Dijauhkan dari gangguan, kekejaman, kekejian, fitnah, dan serangan kaum kafir, musyrik, dan munafik. Ketika berdoa untuk saudara sesama muslim maka Malaikat yang ditugaskan mencatat doa kita, menjamin keterkabulannya, lalu memberikan balasan sebagaimana yang kita pintakan untuk saudara kita tersebut dalam doa.

Doa Untuk Saudara Seiman

3. Doa kebaikan yang dipanjatkan seseorang, akan kembali keutamaan nya kepada orang tersebut, bahkan malaikat mengaminkan doa tersebut, oleh karena itu sering-seringlah berdoa kebaikan untuk keluarga, kerabat, teman, dan saudara seiman.

4. Tugas malaikat bila disederhanakan adalah mengaminkan setiap doa dan memohonkan ampunan untuk orang yang beriman

Allah menugaskan para malaikat untuk melimpahkan rasa aman dan tentram ke dalam hati orang-orang beriman, menyampaikan kabar gembira tentang surga kepada mereka, mengabarkan tentang doa yang diterima. Firman Allah Subhanahu wa ta'ala berikut mengabarkan tentang aktifitas malaikat yang terus menerus menghembuskan kalimat baik kepada kaum beriman yang istiqamah dalam keimanannya.

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّـهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ ﴿٣٠﴾نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ ﴿٣١﴾ نُزُلًا مِّنْ غَفُورٍ رَّحِيمٍ ﴿٣٢
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Fushshilat: 30-32)

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا
“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatNya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang) Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orangorang yang beriman.” (Al-Ahzab: 43)
Disclaimer:
jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

Doa Untuk Saudara Seiman