Menolong Agama Allah Untuk Mendapatkan Pertolongan-Nya

Kita menyadari bahwa kita ini butuh pertolongan Allah. Akan tetapi, pertolongan Allah itu tentu ada sebabnya, salah satunya adalah dengan menolong agama-Nya. Sebab sebuah kaidah mu’amalah yang berlaku, baik antara hamba dengan Rabb-Nya maupun antara hamba dengan hamba adalah apa yang dikatakan oleh para ulama:

إِنَّ الجَزَاءَ مِنْ جِنْسِ العَمَلِ
“Sesungguhnya balasan sesuai dengan jenis amalan.”

Menolong Agama Allah

Dengan demikian, jika kita ingin mendapatkan pertolongan Allah maka tolonglah agama Allah. Seberapa besar usaha kita untuk menolong agama-nya sebesar itu pula kita akan mendapatkan pertolongan-Nya. Karena itulah hubungannya, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ
Wahai sekalian orang-orang yang beriman, jika kalian menolong Allah maka Allah akan menolong kalian. (QS. Muhammad: 7)

Maka jangan heran jika pertolongan Allah tidak kunjung datang, padahal kita sangat membutuhkan. Jangan salahkan Allah, karena mungkin selama ini kita enggan menolong agama-Nya.

Oleh sebab itu, mari kita bersemangat menolong agama Allah. Apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan. Tidak perlu memandang besar kecil kontribusi kita, yang penting ada yang kita berikan untuk agama Allah, agar kita mendapatkan pertolongan-Nya.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi

Diterbitkan oleh: Lajnah Dakwah Yayasan Maribaraja
artikel maribaraja.com
Disclaimer:
jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

Menolong Agama Allah Untuk Mendapatkan Pertolongan-Nya