SIFAT-SIFAT SETAN DARI KALANGAN MANUSIA !

(Al-'Allamah Al-Faqih Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah)

Pertanyaan:

"Semoga Allah menjaga Anda wahai Syaikh, Anda telah menjelaskan kepada kami tentang setan dari kalangan jin. Tapi setan dari kalangan manusia, bagaimana orang bisa mengenalinya, dan bagaimana cara membedakannya diantara manusia, bagaimana mewaspadainya dan bagaimana bergaul dengannya ?"

SIFAT-SIFAT SETAN DARI KALANGAN MANUSIA !

Jawaban:

"Setiap orang yang memerintahkanmu dengan kejelekan dan kekejian serta mencegahmu dari kebaikan dan istiqamah maka dialah setan. Berdasarkan firman Allah Tabaraka wa Ta'ala :

وَمَنْ يَّتَّبِعْ خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ فَاِنَّهٗ يَأْمُرُ بِالْـفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَر
"Dan barangsiapa mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya dia (setan) menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan mungkar." [QS. An-Nur: Ayat 21]

Dan Allah Ta'ala berfirman :

اِنَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَآءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوة
"Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat." [QS. Al-Ma'idah: Ayat 91]

Jadi, setiap orang yang memerintahkanmu dengan kekejian dan kemungkaran, serta mencegahmu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat, maka dia inilah setan."

Penanya: "Sekalipun dia itu salah satu dari kedua orang tua kita ?"

Asy-Syaikh: "Walaupun dia salah satu dari kedua orang tuamu. Namun, bersemangatlah untuk segera memberikan nasehat. Maka seandainya dengan perantaramu Allah memberi hidayah satu orang saja, itu lebih baik bagimu daripada onta merah (harta yang sangat berharga). Dan keumuman orang terkadang mereka memerintahkan dengan sesuatu yang dianggapnya baik sementara mereka tidak mengetahui."

Sumber : Silsilah Liqa'atil Babil Maftuh (67)

Semoga Bermanfaat ! Baarakallahufiykum..
صفات شياطين الإنس

للشيخ/العثيمين رحمه الله

السؤال :
حفظك الله يا شيخ، بيَّنت لنا شياطين الجن، ولكن شياطين الإنس كيف يتعرف الإنسان عليه، وكيف يميزه من بين الأشخاص؟ وكيف يحذر منه؟ وكيف يتعامل معه؟

الجواب :
كل من يأمرك بالسوء والفحشاء، وينهاك عن الصلاح والاستقامة، فهو شيطان؛ لقول الله -تبارك وتعالى-:﴿ وَمَنْ يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ﴾ [النور:21].

وقال تعالى: ﴿إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ﴾ [المائدة:91].

فكل إنسان يأمرك بالفحشاء والمنكر، وينهاك عن ذكر الله وعن الصلاة؛فهذا هو الشيطان.

السائل : وإن كان أحدَ الوالِدَين؟

الشيخ : ولو كان أحدَ والِدَيك! لكن احرص على أن تبادره بالنصيحة، «فَلَأَنْ يهدي الله بك رجلاً واحداً خيرٌ لك من حُمُر النَّعَم»، وعامة الناس قد يأمرون بما يظنونه خيراً وهم لا يعلمون.

المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح > لقاء الباب المفتوح [67]

Tidak ada komentar: