Tidak Boleh Merasa Paling Baik

Allah Shubhanahu wa Ta'ala memperingatkan kepada kita supaya jangan ada suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain karena boleh jadi, mereka yang diolok-olokan itu pada sisi Allah jauh lebih mulia dan terhormat dari mereka yang mengolok-olokkan.

Khususnya dikalangan wanita, jangan ada segolongan wanita yang mengolok-olokkan wanita yang lain karena boleh jadi, mereka yang diolok-olokkan itu pada sisi Allah lebih baik dan lebih terhormat dari wanita-wanita yang mengolok-olokan itu.

Tidak Boleh Merasa Paling Baik

Allah Shubhanahu wa Ta'ala juga melarang kita sebagai kaum mukminin mencela kaum mereka sendiri karena kaum mukminin semuanya harus dipandang satu tubuh yang diikat dengan kesatuan dan persatuan, dan dilarang pula memanggil dengan gelar-gelar yang buruk seperti panggilan kepada mereka yang seiman, dengan kata-kata: hai fasik, hai kafir, hai buncit, hai pandir, dan sebagainya.

Begitulah, ternyata Allah telah melarang kita untuk saling menghina, memanggil dengan sebutan yang jelek, agar dapat bermanfaat bagi perjalanan hidup kita di dunia sampai di akhirat..

Suka mengolok-ngolok orang lain, sama artinya bahwa merasa dirinya paling benar, orang lain jelek. Ingatlah, kebenaran hanya semata-mata petunjuk dari Allah Shubhanahu wa Ta'ala. Melanggar, kita tergolong sebagai orang-orang yang dzalim, kecuali mereka yang bertobat.

Allah Shubhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُون
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim. QS. Al-Hujurat : 11
______________
Referensi: http://mujahiddakwah.com
Disclaimer:
jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

Tidak Boleh Merasa Paling Baik