Adab Taubat | Ustadz Badrussalam

Taubat tidak boleh ditunda-tunda & diulur-ulur. Taubat memiliki beberapa adab yang harus dijaga, diantaranya:

1.IKHLAS

Hendaknya yang mendorong ia bertaubat adalah mencari keridloan الله, takut pada adzabnya..
Dan bertaubatlah kamu kepada الله, hai orang2 yang beriman supaya kamu beruntung (QS an-Nur: 31). Hai orang-orang yang beriman,bertaubatlah kepada الله dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan rab kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu & memasukkan kamu kedalam surga (QS at-tahrim : 8 )

2.BERTAUBAT DARI SEGALA DOSA

Janganlah bertaubat dari sebagian dosa saja & mempertahankan sebagian dosa yang lain. Namun harus bertaubat dari seluruh perbuatan dosanya

3.BERTAUBAT PADA WAKTU DITERIMANYA TAUBAT

Waktu yang khusus dalam setiap umur manusia, yaitu sebelum nyawa sampai dikerongkongan. Sebagaimana dalam firman الله (QS anNisa:18)

4.MENYEGERAKAN TAUBAT

Sesungguhnya syaitan senantiasa menghiasi perbuatan manusia utk menunda-nunda & mengulur-ulur taubat sehingga ia mati dlaam keadaan belum bertaubat. الله berfirman dalam (QS anNisa : 17)
Adab Taubat

5.MENYESALI DOSA & MAKSIAT

6.BERTEKAD UNTUK TIDAK MENGULANGINYA

7.BERTAUBAT DENGAN HATI, LISAN & ANGGOTA BADAN
Bertaubat dgn hatinya yakni menyesali apa yang telah lalu & berazam utk tidak mengulanginya. Taubat dengan lisan adalah dengan memperbanyak istigfar & taubat. Sebagaimana Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda: wahai sekalian manusia, bertaubatlah kepada الله!sesungguhnya aku bertaubat kepadaNya 100 kali setiap hari.

8.MENINGGALKAN MAKSIAT.

9.MENGEMBALIKAN HAK-HAK ORANG YANG DIZHALIMI/MEMINTA DIHALALKAN bila berkaitan dgn hak-hak manusia.
Contoh: harta yang dicuri utk dikembalikan pada pemiliknya atau minta dihalalkan. Demikian juga meminta dihalalkan kepada orang yang telah dirusak kehormatannya, dighibahi, dibongkar aibnya, dsb.

10.MENGGANTI KEBURUKAN DGN KEBAIKAN.
Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk (QS Huud : 114).

11.MENJADI LEBIH BAIK SECARA UMUM SETELAH BERTAUBAT.

12.MENUTUP AIB DIRI apabila الله menutupinya & tidak membongkarnya.

13.SELALU MEMPERBAHARUI TAUBAT.
Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman & mengerjakan amal sholih, maka kejahatan mereka diganti الله dengan kebajikan & الله Maha pengampun lagi Maha penyayang & orang yang bertaubat kepada الله dengan taubat yang sebenar-benarnya (QS al-furqon 70-71).

Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: