Berusahalah Mendapatkan Shaf Pertama

Shaf terbaik bagi lelaki yang shalaf jama’ah di masjid adalah shaf terdepan.

Nabi ﷺ bersabda :

“Seandainya manusia mengetahui keutamaan yang ada pada adzan dan shaf pertama, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali dengan mengundi, pastilah mereka akan mengundinya.” (HR. Bukhari no.615, 652, 2689, Muslim no.437)

Dalam riwayat lain :

“Seandainya kalian atau mereka mengetahui keutamaan yang terdapat pada shaf yang terdepan, niscaya itu sudah jadi bahan undian.” (HR. Muslim no.439)

Berusahalah Mendapatkan Shaf Pertama

Nabi ﷺ juga bersabda :

“Allah dan para Malaikatnya bershalawat pada orang-orang yang berada di shaf-shaf terdepan.” (HR. An Nasa-i no. 810. Dalam Shahih An Nasa-i)

Dalam riwayat lain :

“Allah dan para Malaikatnya bershalawat pada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ahmad no.18152, Ibnu Majah 825, dalam Shahih Ibni Majah)

Nabi ﷺ juga bersabda :

“Shaf yang terbaik bagi laki-laki adalah yang pertama, yang terburuk adalah yang terakhir. Sedangkan shaf yang terbaik bagi wanita adalah yang terakhir, yang terburuk adalah yang pertama.” (HR. Muslim no.440)

Maka berusahalah mendapatkan shaf pertama, jangan sampai didahului orang lain dan jangan malah mempersilahkan orang lain untuk menempatinya.

Semoga Allah memberi taufik. إِنْ شَاءَ اللّٰهُ

#UstYulianPurnamaLc
@Kangaswad

Tidak ada komentar: