Tanam Kebaikan Sebelum Kematian

Tanam Kebaikan Sebelum Kematian

Suatu ketika Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu memberikan wasiat kepada manusia,

إِنَّكُمْ فِي مَمَرِّ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ فِي آجَالٍ مَنْقُوصَةٍ ، وَأَعْمَالٍ مَحْفُوظَةٍ ، وَالْمَوْتُ يَأْتِي بَغْتَةً ، مَنْ زَرَعَ خَيْرًا فَيُوشِكُ أَنْ يَحْصُدَ رَغْبَةً ، وَمَنْ زَرَعَ شَرًّا فَيُوشِكُ أَنْ يَحْصُدَ نَدَامَةً ، لِكُلِّ زَارِعٍ مِثْلَ مَا زَرَعَ
“Sesungguhnya kalian berada di tengah perjalanan malam dan siang, dalam usia yang selalu berkurang, dengan amal yang senantiasa diawasi. Sedangkan MAUT senantiasa DATANG dengan TIBA-TIBA. Barangsiapa menanam kebaikan, niscaya ia akan menuai kebahagiaan. Dan barangsiapa menanam kejelekan, niscaya ia akan menuai penyesalan. Setiap orang yang menanam akan menuai hasil sebagaimana yang ia tanam.” (Siyaru A’lamin-Nubalaa’, 1/497)

Duhai manusia sang pengembara, ajalmu tak sepanjang angan dan cita - citamu. Perjalanan dunia terlalu pendek untuk mempersiapkan perjalanan nan panjang. Tanam sekarang, kau tuai nanti. Tanam kebaikan sebelum kematian, kau tuai kebaikan diatas kebaikan. Jangan sampai menyesal nanti.

Al-Sofwa Channel | alsofwa.com
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: