Tanam Kebaikan Sebelum Kematian

Tanam Kebaikan Sebelum Kematian

Suatu ketika Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu memberikan wasiat kepada manusia,

إِنَّكُمْ فِي مَمَرِّ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ فِي آجَالٍ مَنْقُوصَةٍ ، وَأَعْمَالٍ مَحْفُوظَةٍ ، وَالْمَوْتُ يَأْتِي بَغْتَةً ، مَنْ زَرَعَ خَيْرًا فَيُوشِكُ أَنْ يَحْصُدَ رَغْبَةً ، وَمَنْ زَرَعَ شَرًّا فَيُوشِكُ أَنْ يَحْصُدَ نَدَامَةً ، لِكُلِّ زَارِعٍ مِثْلَ مَا زَرَعَ
“Sesungguhnya kalian berada di tengah perjalanan malam dan siang, dalam usia yang selalu berkurang, dengan amal yang senantiasa diawasi. Sedangkan MAUT senantiasa DATANG dengan TIBA-TIBA. Barangsiapa menanam kebaikan, niscaya ia akan menuai kebahagiaan. Dan barangsiapa menanam kejelekan, niscaya ia akan menuai penyesalan. Setiap orang yang menanam akan menuai hasil sebagaimana yang ia tanam.” (Siyaru A’lamin-Nubalaa’, 1/497)

Duhai manusia sang pengembara, ajalmu tak sepanjang angan dan cita - citamu. Perjalanan dunia terlalu pendek untuk mempersiapkan perjalanan nan panjang. Tanam sekarang, kau tuai nanti. Tanam kebaikan sebelum kematian, kau tuai kebaikan diatas kebaikan. Jangan sampai menyesal nanti.

Al-Sofwa Channel | alsofwa.com
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82
Disclaimer:
jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

Tanam Kebaikan Sebelum Kematian