Untuk Para Suami, Sayangi Istri Hamil dengan berhenti Merokok

berhenti Merokok

Ibu hamil disarankan memaksa suaminya berhenti merokok. Sebab, asap rokok berisiko meningkatkan penyakit jantung bawaan pada bayi.Dikutip dari kumparan.com, sebuah riset terbaru yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan, bahwa bayi yang memiliki ayah perokok lebih berisiko menderita penyakit jantung bawaan.

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan pada struktur jantung yang dialami sejak bayi. Kondisi ini mengakibatkan gangguan pada aliran darah dari dan ke jantung, sehingga dapat mengancam nyawa.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 125 studi yang melibatkan 137.574 bayi yang memiliki penyakit jantung bawaan dan 8,8 juta orang tua.

Studi ini melihat risiko penyakit jantung bawaan pada orang tua, baik itu ayah ataupun ibu, yang merokok maupun pada ibu yang menjadi perokok pasif atau terkena paparan asap rokok orang lain.

Ibu yang merokok saat sedang hamil tentu saja dapat membahayakan kesehatan janinnya karena meningkatkan risiko kebocoran bilik jantung pada bayi hingga 27 persen dan obstruksi ventrikel kanan hingga 43 persen.

Selain ibu yang merokok, ayah yang merokok juga dianjurkan untuk segera berhenti saat istrinya sedang hamil. Menurut penulis studi, Dr. Jiabi Qin dari Xiangya School of Public Health kepada Science Daily, calon ayah adalah sumber asap rokok paling besar bagi istrinya yang sedang hamil.

Karena itu, meskipun Anda tidak merokok, namun selama suami Anda masih merokok, maka akan tetap berbahaya bagi kesehatan janin. Ini karena menjadi perokok pasif, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayi hingga 124 persen.

Perlu diingat, rokok memiliki sifat teratogenik, yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada embrio selama kehamilan. Lingkungan yang terbaik bagi ibu hamil adalah lingkungan yang bebas dari asap rokok sama sekali. Bila calon ayah atau orang lain di sekitar Anda masih merokok, jangan segan-segan untuk minta mereka berhenti demi kesehatan calon bayi Anda. (goaceh.co)

Tidak ada komentar: