Andai Perayaan Isra Miraj Itu Baik…!

Andai Perayaan Isra Miraj Itu Baik…!

Asy-Syaikhul ‘Allaamah Ibnu Baz rahimahullah berkata:

الاحتفال بليلة الإسراء والمعراج، وبليلة النصف من شعبان، والاحتفال بالهجرة النبوية، أو بفتح مكة أو بيوم بدر، كل ذلك من البدع، لأن هذه الأمور موجودة على عهد النبي صلى الله عليه وسلم، ولم يحتفل بها، ولو كانت قربة إلى الله لاحتفل بها عليه الصلاة والسلام، أو أمر بها الصحابة أو فعلها الصحابة بعده، فلما لم يكن شيء من هذا علمنا أنها بدعة وأنها غير مشروعة، وهذه الاحتفالات، لا يبرر فعلها أن فلانا وفلانا فعلها، أو فعلها البلد الفلاني كل ذلك لا يبرر، إنما الحجة ما قاله الله ورسوله، أو أجمع عليه سلف الأمة أو فعلها الخلفاء الراشدون، رضي الله عنهم
“Perayaan malam Isra Miraj, malam Nisfu Syaban, perayaan tahun baru Hijriyyah (peringatan hijrah Rasulullah ﷺ), atau Fathu Makkah dan Perang Badar, semua itu termasuk bid'ah (mengada-ada dalam agama), karena perkara-perkara ini terjadi di masa Rasulullah ﷺ, namun beliau sendiri tidak merayakannya.

Andaikan perayaan itu termasuk pendekatan diri kepada Allah taala, tentunya Rasulullah ﷺ telah merayakannya, atau memerintahkan para sahabat untuk merayakannya, atau para sahabat sendiri yang merayakannya sepeninggal beliau ﷺ. Maka tatkala Rasulullah ﷺ dan sahabat tidak merayakannya, kita pun mengetahui, bahwa itu adalah bid'ah atau tidak disyariatkan.

Dan perayaan-perayaan ini tidaklah dibenarkan, walau tokoh-tokoh tertentu melakukannya, atau negeri tertentu melakukannya. Semua itu bukan dalil yang membolehkan. Dalil itu hanyalah ucapan Allah dan Rasul-Nya ﷺ, atau atau Ijma’ Salaf umat ini, atau amalan Al-Khulafa Ar-Rasyidin radhiyallahu’anhum.”
[Fatawa Nuur ‘alad Darbi, 3/101]

Pemateri: Al-Ustadz Sofyan Chalid Ruray, Lc hafizhahullah

Tidak ada komentar: