Kondisi Ketika Manusia Di Giring Ke Padang Mahsyar

Ketika manusia digiring ke padang mahsyar, mereka dihimpun di bumi yang baru berwarna putih kemerah-merahan, bagaikan tepung roti yang dibakar.

Rasulullah ﷺ bersabda : “Manusia dikumpulkan pada hari kiamat di atas tanah putih kemerah-merahan seperti tepung roti yang bersih”, Sahl atau yang lainnya berkata, “Tidak ada tanda (bangunan atau gedung) milik siapa pun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian, mereka tidak mengenakan penutup kaki maupun pakaian dan dalam keadaan belum dikhitan, sebagaimana mereka dahulu diciptakan.

Kondisi Ketika Manusia Di Giring Ke Padang Mahsyar

Allah ﷻ berfirman :

كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُعِيدُهُ ۚ وَعْدًا عَلَيْنَا ۚ إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ
"Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kami-lah yang akan melaksanakannya." (QS. Al-Anbiya`/21:104)

Rasulullah ﷺ bersabda : “Sungguh kalian akan dibangkitkan dalam keadaan tidak mengenakan sandal (pelindung kaki), telanjang dan masih berkulup (belum dikhitan),” kemudian beliau ﷺ membaca firman Allah QS. Al Anbiya`/21 ayat 104). (HR. Al Bukhari)

Dalam shahihain, terdapat hadits ‘Aisyah yang menggambarkan peristiwa ini. Yaitu beliau ﷺ bersabda :

يُحْشَرُ النَّاسُ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ جَمِيْعًا يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ فَقَالَ الْأَمْرُ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يُهِمَّهُمْ ذَاكِ
“Manusia digiring (di Padang Mahsyar) dalam keadaan tidak mengenakan sandal (pelindung kaki), telanjang dan masih berkulup (belum dikhitan)”. Lalu ‘Aisyah berkata: Aku bertanya, ”Laki-laki dan perempuan semuanya ? Sebagian mereka melihat sebagian lainnya ?” Maka beliau ﷺ menjawab : “Keadaannya lebih mengerikan dari membuat mereka berpikir demikian”. (Muttafaqun ‘alaih)

Mereka di giring ada yang berjalan kaki, naik kendaraan dan berjalan dengan wajahnya yang di seret.

Rasulullah ﷺ bersabda :

إِنَّكُمْ تُحْشَرُوْنَ رِجَالًا وَرُكْبَانًا وَتُجَرُّونَ عَلَى وُجُوهِكُمْ رواه الترمذي وقال حديث حسن
"Sesungguhnya kalian akan digiring (di Padang Mahsyar) dalam keadaan berjalan dan berkendaraan, serta diseret di atas wajah-wajah kalian." (HR at Tirmidzi, dan beliau berkata: “Hadits hasan”. Hasan dalam Shahih at Targhib wat-Tarhib no. 3582)

Dari Anas bin Malik beliau berkata, Bahwasanya seseorang berkata kepada Rasulullah ﷺ :
_“Wahai, Rasulullah! Allah berfirman, ‘Orang-orang yang dihimpunkan ke neraka Jahannam dengan diseret atas muka-muka mereka’ (Al Furqan/25 ayat 34) apakah orang kafir digiring di atas wajahnya ?” Rasulullah ﷺ berkata, ”Bukankah Dzat yang membuat seseorang berjalan di atas kedua kakinya di dunia mampu untuk membuatnya berjalan di atas wajahnya ?” Qatadah berkata ketika hadits ini sampai kepadanya : “Benar, demi kemuliaan Allah.” (HR Al Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat yang lain dari Abu Hurairah : "... mereka yang berjalan dengan wajah akan hati-hati ketika melewati tempat yang menonjol atau tempat yang berduri.” (HR. Ahmad 2/354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya –hasan lighoirihi-)

Saudaraku, bertaubatlah jangan pernah meremehkan perkara dalam agama.

Semoga bermanfaat, إِنْ شَاءَ اللّٰهُ

#UstAbuAsmaKholidSyamhudiLc
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: