Hilal tidak terlihat, awal romadhan 1440 H di arab saudi pada hari senin

mekkah arab saudi

Seperti diketahui, Mahkamah Agung Arab Saudi telah menyerukan umat Islam di seluruh wilayah Kerajaan untuk memantau hilal Ramadhan pada Sabtu, 4 Mei 2019 atau bertepatan dengan 29 Sya’ban 1440 H di Arab Saudi. Namun berdasarkan pemantauan, tak satupun laporan yang dapat melihat hilal sehingga bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari sesuai dengan perintah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Berdasarkan hal tersebut, Arab Saudi akan memulai pelaksanaan Puasa Ramadhan 1440 H pada hari Senin, 6 Mei 2019.

Umat Muslim sedunia mengikuti hitungan kalender bulan hijriyah yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun atau 354 atau 355 hari. Pengamatan terhadap hilal (ru’yatul hilal) merupakan perintah Nabi untuk menetapkan kapan dimulainya awal puasa Ramadhan.

Sementara itu di Indonesia, Kementerian Agama RI akan melakukan sidang Isbat pada esok hari, Ahad, 5 Mei 2019 yang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Kementerian Agama RI menggunakan metoda Hisab dan Ru’yah untuk penetapak awal Ramadhan.

Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam dimana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad. Puasa di bulan Ramadhan juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam. (DH/MTD)

Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: