Iran Pemasok bahan peledak untuk syiah houthi di yaman

Iran Pemasok bahan peledak

Arab Saudi membersihkan 1.024 ranjau darat aktif yang ditanam oleh milisi Houthi di Yaman. Arab Saudi telah mengumumkan penggalian 781 bahan peledak, 210 ranjau anti-tank, 27 ranjau anti-personil, dan 6 alat peledak improvisasi selama sepekan ini.

“Total 1.024 ranjau darat telah dibersihkan. Dengan data terbaru ini, Arab Saudi telah membersihkan sebanyak 70.539 ranjau darat aktif yang telah digali sejak Juni 2018 dengan total telah dibersihkan,” demikian laporan Al Arabiya News Channel, Sabtu, (18/5/2019).

Pemerintah Yaman menyatakan bahwa milisi Houthi telah menanam lebih dari satu juta ranjau di seluruh negeri selama tiga tahun terakhir dan mengatakan lebih dari 2.000 orang, terutama warga sipil, telah terbunuh karena menginjak ranjau tersebut.

Menurut sebuah laporan oleh organisasi yang berbasis di Inggris, Conflict Armament Research (CAR), penggunaan ranjau darat dan IED adalah ancaman yang semakin meningkat di Yaman. Penyelidikan mereka mengungkapkan keterlibatan Iran dalam menyediakan pasokan bahan-bahan pembuatan bom yang diperlukan oleh Houthi.

“Perangkat Peledak yang dikendalikan melalui IED dan Radio Kontrol (RCIED) yang dibuat oleh pasukan Houthi terus mengandung komponen yang berasal dari Iran. Penyitaan elektronik IED terbaru mengungkapkan upaya untuk menyembunyikan asalnya,” kata CAR dalam laporannya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
artikel muslimtrend.com
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: