WAFAT DI ATAS ISLAM DAN SUNNAH

WAFAT DI ATAS ISLAM DAN SUNNAH

Dari Al Hasan Al Bashriy - رَحِمَهُ الله beliau berkata :

"Wahai ahlus sunnah, saling bergaulah kalian dengan lemah lembut !! رَحِمَهُ الله Karena sesungguhnya kalian adalah orang yang sedikit." (Syarah Ushulu I'tiqad Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Al-Lalika'i 1/57/19)

Berkata Ayyub As Sikhtiyaniy رَحِمَهُ الله :

"Sesungguhnya aku diberi khabar dengan meninggalnya salah seorang dari ahlus sunnah, maka aku merasakan seolah ada yang hilang dari anggota tubuhku." (Syarah Ushulu I'tiqad Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Al-Lalika'i 1/60/29, Hilyah Auliya 3/9.)

Dari Sufyan Ats Tsauriy رَحِمَهُ الله beliau berkata :

"Seringlah memberi nasihat kebaikan kepada Ahlus sunnah, dikarenakan mereka adalah orang-orang yang asing." (Syarah Ushulu I'tiqad Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Al-Lalika'i 1/64/50)

Dari Sufyan At Tsauriy رَحِمَهُ الله beliau berkata :

"Apabila sampai kepadamu berita seorang ahlus sunnah di ujung timur, dan seorang ahlus sunnah yang lain di ujung barat maka sampaikanlah kepada keduanya salam, dan do'akanlah kebaikan kepadanya. Sungguh ahlus sunnah sangatlah sedikit." (Syarah Ushulu I'tiqad Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Al-Lalika'i 1/64/50)

Berkata Al Imam Ahmad رَحِمَهُ الله diakhir surat yg ia kirimkan kepada Imam Musaddad bin musarhad :

"Cintailah oleh kalian Ahlus sunnah dimanapun mereka berada. Semoga kita semua dimatikan oleh Alloh di atas sunnah dan jama'ah, dan semoga Alloh memberi rizki kepada kami dan kalian untuk mengikuti ilmu. Dan semoga Alloh memberikan kepada kami dan kalian taufik pada apa yang Alloh cintai dan ridhoi." (Thobaqot Hanabilah 1/345.)

Dari Mu'tamir bin Sulaiman رَحِمَهُ الله berkata :

"Aku pernah masuk menemui bapakku. Aku mengatakan: temanku telah meninggal.

Imam Malik bertanya : Apakah ia meninggal di atas sunnah ?

Aku menjawab : Ia.

Maka dia mengatakan : Maka janganlah engkau khawatir atasnya."

(Syarah Ushulu I'tiqad Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Al-Lalika'i 1/67/61)

Berkata Al Imam Malik رَحِمَهُ الله :

"Seandainya salah seorang (meninggal) berjumpa dengan Alloh dengan membawa dosa sepenuh bumi, namun ia di atas sunnah maka dia akan di jannah dengan para Nabi, Shidiqin, syuhada dan sholihin dan merekalah itulah sebaik-baik teman." (Dzammul Kalam wa Ahlihi, Abu Ismail Al-Harawi 5/76-77)
Berkata Al Imam Ahmad رَحِمَهُ الله :

"Barangsiapa yang meninggal di atas islam dan sunnah, maka ia mati dalam kebaikan seluruhnya." (Siyar A'lam An-Nubala, Adz-Dzababi 11/296)

Al Marwazi berkata, aku bertanya kepada Abu Abdilah (Imam Ahmad) :

“Apakah benar bahwa orang yang wafat dalam keadaan beragama Islam dan berpegang pada Sunnah itu wafat dalam keadaan baik (husnul khatimah) ?”

Beliau berkata :

“Diamlah! Orang yang wafat dalam keadaan beragama Islam dan berpegang pada Sunnah itu wafat dalam keadaan baik semuanya”.

(Al Wara‘, hal. 192)

Semoga kita diberi hidayah sunnah oleh Allah hingga ajal datang.

Semoga bermanfaat. إِنْ شَاءَ اللّٰهُ

#UstIbrohimAbuKaysa | #UstKangaswad | @walis
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: