3 poin Penting Nasehat kepada Para Pendakwah | Ustadz Mubarak Bamualim

3 poin Penting Nasehat kepada Para Pendakwah

Diantara nasehat Ustadz kita, Mubarak Bamualim hafidzahullah yang sangat terkesan bagi kami, ada tiga point antara lain:

1). Jangan mencari ketenaran dan popularitas karena seorang tidak dikenal di dunia, namun dikenal di sisi Allah, itu lebih baik dan mulia.

Kami (Abu Abd rahman) katakan: Dunia dakwah dan popularitas begitu dekat bagi seorang Da'i, maka seorang Da'i wajib menjaga dan menata hati, terlebih di akhir zaman yang seorang sangat sulit dalam menjaga hati di depan popularitas. Karena bila ia cenderung pada popularitas, tujuan dakwah adalah banyaknya yang hadir, atau niat untuk terkenal karena di syuting dan masuk media penyiaran.

Maka hakikatnya ia tidak mendakwahkan islam, tapi mendakwahkan dan mengajak manusia pada dirinya sendiri.

2). Jangan semua aktifitas dalam kegiatan mu di uangkan, ini nasehat yang sering saya nasehatkan pada mahasiswa.

Kami katakan, Beliau benar, hancurnya dakwah dan tidak memilikinya wibawa para Da'i, jika semua aktifitasnya di ukur dengan bayaran, sehingga dia tidak menjadi Da'i yang menyampaikan ilmu, melainkan hanya seorang upahan dan tidak bisa wirai, dan mudah di stir oleh pemberi upah.

Ketika itu, mereka menjadikan dakwah ini tidak berwibawa

3). Jangan mengeluh dan mengadu kepada manusia. 

Nasehat ini sangat berharga, seorang Da'i harus menutup masalahnya dari manusia, tidak mudah mengeluh dan menunjukkan kebutuhannya pada manusia, Ia harus menjadi seorang pembimbing, sekaligus teman dan penyelesai masalah di antara manusia dan tidak menggantungkan masalah pribadinya pada orang lain.

Fawaid, yang sangat berharga dari Ustadz Mubarak Bamualim hafidzhahullah.

Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud al Atsary hafidzhahullah
Chanel Telegram : http://t.me/Manhaj_salaf1
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: