Hukum Memejamkan Mata Dalam Shalat

Hukum Memejamkan Mata Dalam Shalat
Pertanyaan :

Barakallahu fikum. Penanya bernama Hamdi Ali berkata : Saya ingin bertanya tentang memejamkan kedua mata dalam shalat. Apa hukumnya?

Jawaban :

Para ulama menyebutkan kalau memejamkan kedua mata dalam shalat itu makruh (dibenci). Yang disyariatkan, hendaknya seorang insan itu membuka kedua matanya dan melihat ke tempat sujudnya.

Kecuali kalau di sana ada sebab untuk menutup kedua mata, semisal di hadapannya ada pemandangan yg mengganggunya, maka tidak mengapa ia menutup kedua matanya. Pemandangan yg mengganggu, misalnya di sekitarnya ada anak-anak yg sedang bermain. Jika ia membuka matanya niscaya ia akan memandang kepada mereka dan terganggu dengan mereka. Maka ketika itu tidak mengapa menutup kedua matanya.

Maka kaedahnya : Sesungguhnya memejamkan kedua mata (dalam shalat) itu makruh, akan tetapi jika di sana ada sebab yg menuntut untuk itu, maka tidak lagi makruh.

Sumber : http://binothaimeen.net/content/11192

إغــمــاض العيـــنيــن في الصــلاة

▪️السؤال:
- بارك الله فيكم. السائل حمدي علي يقول: أسأل عن إغماض العينين في الصلاة ما حكمه؟

✍جواب الشيخ العثيمين رحمه الله:
- الشيخ: ذكر أهل العلم أن إغماض العينين في الصلاة مكروه، والمشروع أن يكون الإنسان فاتح العينين وأن ينظر إلى محل سجوده .
⬅️ إلا أن يكون هناك سبب لتغميض العينين، مثل أن يكون أمامه مرائي تشغله فلا حرج عليه أن يغمض عينيه، والمرائي التي تشغله مثل أن يكون حوله صبيان يلعبون، فلو فتح عينيه لوقع نظره عليهم وأشتغل بهم فحينئذ لا بأس أن يغمض عينيه، فالقاعدة إذن أن تغميض العينين مكروه، لكن إذا كان هناك سبب يقتضي ذلك لم يكن مكروهاً. 

Grup Whatsapp Ma'had Ar-Ridhwan Poso
Join chanel telegram http://telegram.me/ahlussunnahposo

Tidak ada komentar: